• Minggu, 3 Juli 2022

5 Contoh Sedekah Subuh di Rumah

- Rabu, 11 Agustus 2021 | 00:35 WIB
Contoh-contoh sedekah Subuh (Pixabay)
Contoh-contoh sedekah Subuh (Pixabay)


Muslim Terkini – Mungkin sebagian dari kita sudah pernah mendengar, kalau ternyata orang-orang Indonesia itu terkenal dermawan. Bukan asal, ini sebagaimana hasil riset dari World Giving Index. Riset tersebut menyebutkan kalau Muslim di Indonesia menjadi nomor satu sebagai Muslim yang paling dermawan di dunia.

Sebuah prestasi yang tentu sangat membanggakan. Ini juga sekaligus menjadi pengingat agar orang-orang, terutama Muslim untuk selalu berbagi, sedekah, membantu sesama yang membutuhkan.

Ada banyak dalil yang memerintahkan untuk bersedekah. Salah satunya dalam Alquran surah At Talaq ayat 7. Dalam ayat tersebut, Allah SWT berfirman:


لِيُنْفِقْ ذُوْ سَعَةٍ مِّنْ سَعَتِهٖۗ وَمَنْ قُدِرَ عَلَيْهِ رِزْقُهٗ فَلْيُنْفِقْ مِمَّآ اٰتٰىهُ اللّٰهُ ۗ لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفْسًا اِلَّا مَآ اٰتٰىهَاۗ سَيَجْعَلُ اللّٰهُ بَعْدَ عُسْرٍ يُّسْرًا

Artinya: Hendaklah orang yang mempunyai keluasan memberi nafkah menurut kemampuannya, dan orang yang terbatas rezekinya, hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak membebani kepada seseorang melainkan (sesuai) dengan apa yang diberikan Allah kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan setelah kesempitan.


Sementara dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda:


مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلَّا مَلَكَانِ يَنْزِلَانِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا وَيَقُولُ الْآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

Artinya: "'Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan turun dua malaikat. Lalu salah satunya berkata, 'Ya Allah berikanlah pengganti bagi siapa yang menafkahkan hartanya', sedangkan yang satunya lagi berkata, 'Ya Allah berikanlah kehancuran (kebinasaan) kepada orang yang menahan hartanya (bakhil).'" (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Baca Juga: Sedekah Subuh Itu Seperti Apa ? Ini Penjelasannya


Kedua dalil di atas rasanya cukup untuk memberikan motivasi kepada kita untuk selalu bersedekah. Menurut Syekh Ali Jaber, salah satu sedekah utama adalah sedekah subuh. Namun, ini bukan berarti sedekah tidak boleh di waktu lain. Tentu saja boleh. Kapan pun waktunya, sedekah itu bisa dilakukan.

Halaman:

Editor: Nur Jamal Shaid

Tags

Terkini

Bersedekah ke Orang Terdekat

Sabtu, 22 Januari 2022 | 21:45 WIB

Terpopuler

X