• Jumat, 27 Mei 2022

Dorong Perbaikan Tata Kelola dan Regulasi Zakat, FOZ Gagas Badan Zakat Indonesia

- Rabu, 27 April 2022 | 20:20 WIB
Forum Zakat mendorong reformasi tata kelola zakat melalui perubahan regulasi.  (-)
Forum Zakat mendorong reformasi tata kelola zakat melalui perubahan regulasi. (-)

MuslimTerkini.comForum Zakat menggelar Uji Publik Naskah Akademik dan RUU Tentang Pengelolaan Zakat, pada Rabu, (20/4/2022) di UPT TIK UIN Syarif Hidayatullah secara hibrida. Agenda ini diikuti oleh akademisi dan praktisi zakat dari pelbagai tingkatan.

Ketua Bidang II Advokasi Forum Zakat, Arif R Haryono, mengatakan Forum Zakat telah mendorong reformasi tata kelola zakat melalui perubahan regulasi.

Adapun proses penyusunan usulan telah dimulai dari tiga tahun lalu, dari kaji empirik hingga penyusunan naskah akademik dan draft usulan perubahan UU Pengelolaan Zakat.

“UU Pengelolaan Zakat ini menjadi perhatian kita bersama selaku pegiat zakat, kita sadari bahwa UU Zakat tersebut memiliki banyak kekurangan yang perlu diperbaiki,” kata Arif.

Baca Juga: Sedekah Subuh Itu Seperti Apa ? Ini Penjelasannya

“Kami telah meminta masukan dari ahli, dan kini kami meminta masukan dari publik. Agar dokumen yang diusulkan tidak hanya mumpuni dari sisi akademik, juga kuat dari aspek sosiologis,” imbuhnya.

Perwakilan dari LAZ Al Azhar, Ilham Zamzani mengatakan pandangannya terkait UU Zakat yang berlaku saat ini yang menempatkan BAZNAS pada dua fungsi yaitu operator dan regulator.

“Kami menyepakati gagasan adanya BZI (Badan Zakat Indonesia) yang mengatur hal-hal terkait dengan regulasi zakat. Saat ini di LAZ Al Azhar, proses perizinan LAZ Al Azhar Jawa Tengah yang lama, sebab BAZNAS fokus pada fungsi sebagai operator dan sibuk pendistribusian,” tuturnya.

Baca Juga: 5 Contoh Sedekah Subuh di Rumah

Halaman:

Editor: Nur Jamal Shaid

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bersedekah ke Orang Terdekat

Sabtu, 22 Januari 2022 | 21:45 WIB

Terpopuler

X