• Kamis, 29 September 2022

Keuntungan bagi Orang yang Digibahi, Bisa Dapat Pahala Tanpa Beramal

- Rabu, 21 September 2022 | 22:13 WIB
Ceramah bahaya ghibah (Ceramah bahaya ghibah)
Ceramah bahaya ghibah (Ceramah bahaya ghibah)

MuslimTerkini.com - Ghibah adalah menyebutkan sesuatu yang terdapat pada saudaranya ketika ia tidak hadir dengan sesuatu yang benar tetapi tidak disukainya. Ghibah juga sering disebut bergunjing atau bergosip.  

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW pernah bertanya: “Tahukah kamu, apakah ghibah itu?” Para sahabat menjawab; ‘Allah dan Rasul-Nya lebih tahu.’ Kemudian Rasulullah SAW bersabda: ‘Ghibah adalah kamu membicarakan saudaramu mengenai sesuatu yang tidak ia sukai.’ Seseorang bertanya; ‘Ya Rasulullah, bagaimanakah menurut engkau apabila orang yang saya bicarakan itu memang sesuai dengan yang saya ucapkan? ‘Beliau berkata: ‘Apabila benar apa yang kamu bicarakan itu ada padanya, maka berarti kamu telah menggunjingnya. Dan apabila yang kamu bicarakan itu tidak ada padanya, maka berarti kamu telah membuat-buat kebohongan terhadapnya.”

Dari hadits di atas, kita bisa memahami bahwa ghibah merupakan salah satu perbuatan tercela yang harus dihindari oleh setiap muslim. Karena ghibah termasuk perbuatan dosa yang dibenci Allah SWT.

Baca Juga: Sedekah Subuh Itu Seperti Apa ? Ini Penjelasannya

Setiap gunjingan atau fitnahan sama saja seperti memberikan pahala kepada orang-orang yang dighibahinya. Pahala tersebut akan bertambah dari akibat dighibahi sehingga bisa menghapus dosanya sedikit demi sedikit.

Jangan membalas perbuatan orang-orang yang mengghibahi, karena bukan pahala yang di dapat, melainkan akan memperburuk keadaan. Karenanya, jika dighibahi orang lain, kita harus tetap tenang dan sabar agar mendapat keuntungan kelak di akhirat.

Jadi jangan bersedih apabila kita menjadi bahan gunjingan orang lain karena hal itu justru bisa mendatangkan pahala.

Baca Juga: 5 Contoh Sedekah Subuh di Rumah

Rasulullah SAW bersabda, “Orang yang bangkrut dari umatku adalah mereka yang datang pada hari kiamat membawa (pahala) sholat, puasa dan zakat, namun (ketika di dunia) dia telah mencaci dan (salah) menuduh orang lain, makan harta, menumpahkan darah dan memukul orang lain (tanpa hak). Maka orang-orang itu akan diberi pahala dari kebaikan-kebaikannya. Jika telah habis kebaikan-kebaikannya, maka dosa-dosa mereka akan ditimpakan kepadanya, kemudian di akan dilemparkan ke dalam neraka.” (HR. Muslim 6744 & Ahmad 8029).

Halaman:

Editor: Nur Jamal Shaid

Sumber: Berbagai sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lirik Sukaro Teks Arab, Latin dan Terjemahannya

Kamis, 29 September 2022 | 10:08 WIB

15+ Toko Outdoor Kota Binjai dan Alamat Lengkapnya

Rabu, 28 September 2022 | 09:50 WIB

Terpopuler

X