• Kamis, 29 September 2022

Tips Hidup Bahagia ala Stoisisme, No 4 Dijamin Kamu Tidak Akan Overthingking

- Rabu, 21 September 2022 | 09:21 WIB
Ilsutrasi (Pixabay)
Ilsutrasi (Pixabay)

MuslimTerkini.com – Tips hidup bahagia ala Stosisme ini bisa Anda jadikan sebagai referensi. Dalam prinsipnya Stoisisme mengajarkan manusia sebagai makhluk yang hidup bebas dari emosi negative, hidup mengasah kebijakan (virtue), hidup dalam kebijaksanaan, (wisdom), hidup dalam keadilan justice, hidup dalam keberanian (courage), dan menahan diri (temperance).

Filsafat Stoisisme saat ini sedang jadi trending topik di kalangan anak-anak muda baik generasi millennial maupun Generasi Z atau Gen Z. Mengapa bisa demikian? karena filsafat stoisisme ditulis untuk menghadapi masa sulit.

Ia lahir di era penuh peperangan dan kesulitan di Yunani. Sesuai tujuannya yang dikutif dari buku Filosofi Teras karya Henri Menampiring, stoisime tidak menjanjikan kehidupan mewah yang dilimpahi materi ataupun kedamaian di akhirat namun kedamaian yang kokoh di kehidupan saat ini.

Saat kita dibuat kemelut dengan fake news, hoax yang beredar di sosial media, hubungan persahabtan yang toxic atau pun kisah cinta yang berkali-kali karam di lautan.

Baca Juga: Ceramah LGBT Dalam Islam, Kelakuan Keji dan Mungar 

Masalah-masalah itu cenderung membuat seseorang menjadi overthinking dengan menyalahkan hidup dan dirinya sendiri, sehingga akan rentan terserang penyakit dan mental menjadi down.

Namun dalam tulisan ini tentunya penulis tidak sedang memberi cara untuk menghentikan segala persoalan yang mutlak pasti terjadi.

Penulis akan membagikan tips berdamai dengan diri sendiri untuk menjalani hidup yang lebih bahagia.

1. Amor Fati
Takdir tidak selalu baik kepada manusia. Adakalanya takdir memberi hal terburuk bahkan sulit diterima, sebagaimana hidup ini tidak akan pernah bisa kita prediksi seperti apa episode perjalanan yang akan dijalani berikutnya.

Ada yang tiba-tiba mendapat kesenangan seperti naik jabatan, menikah dengan seseorang yang dicintai, tidak membatasi makanan apa pun yang masuk ke dalam perut dan banyak hal yang memberi kesan kemudahan ke dalam hidup seseorang.

Halaman:

Editor: Wawan Syafus

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lirik Sukaro Teks Arab, Latin dan Terjemahannya

Kamis, 29 September 2022 | 10:08 WIB

15+ Toko Outdoor Kota Binjai dan Alamat Lengkapnya

Rabu, 28 September 2022 | 09:50 WIB

Terpopuler

X