• Minggu, 3 Juli 2022

Taliban itu Siapa? Ini Sejarah dan Sepak Terjangnya Hingga Merebut Afghanistan

- Kamis, 19 Agustus 2021 | 12:20 WIB
Ilustrasi Tentara Afghanistan (Pixabay)
Ilustrasi Tentara Afghanistan (Pixabay)

Muslim Tekini – Baru-baru ini dunia dihebohkan dengan pasukan Taliban yang berhasil merebut kota Kabul, ibukota Afghanistan. Dalam beberapa terakhir tampak ribuan masyarakat Afghanistan berusaha melarikan diri karena ketakutan. Mereka rebutan naik pesawat agar bisa keluar dari Negara itu.

Apa yang terjadi di Afghanistan? Siapa orang Afganistan? Dan siapa sebenarnya pasukan Taliban itu? Menjadi pertanyaan banyak pihak.  

Jatuhnya Kabul terjadi pada hari Minggu, 15 Agustus 2021, dua minggu sebelum AS menyelesaikan penarikan pasukannya setelah perang selama dua dekade.

Taliban merupakan organisasi Islam Sunni yang mengobarkan pemberontakan sejak tahun 1994. Mereka menyebut dirinya sendiri sebagai Emirat Islam Afghanistan (IEA). Kelompok ini tidak lepas dari sejarah panjang Negara Afghanistan.

Tanah & Perbatasan

Dilansir dari laman Washingtonpost, Kamis (19/08), Afghanistan, secara resmi dikenal sebagai Republik Islam Afghanistan, berbatasan dengan Iran di barat, Pakistan di timur dan selatan, Turkmenistan, Uzbekistan, dan Tajikistan di utara. Negara ini membentang di timur laut di sepanjang Pakistan ke Daerah Otonomi Uygur Xinjiang di Cina.

Kabul adalah ibu kota dan kota terbesar di Afghanistan. Menurut perkiraan, ada populasi 4,6 juta orang di sana.

Negara ini memiliki lereng yang curam dengan pegunungan. Namun, di dalam pegunungan dan di tepinya, ada banyak lembah dan dataran yang subur.

Populasi Etnis

Halaman:

Editor: Nur Jamal Shaid

Sumber: Washington Post, CIA, About Islam

Tags

Terkini

Terpopuler

X