• Minggu, 3 Juli 2022

Ulang Tahun PDI Perjuangan Tanggal Berapa, Ini Sejarah dan Persiapannya

- Minggu, 9 Januari 2022 | 08:07 WIB
Ulang Tahun PDI Perjuangan Tanggal Berapa (Dok PDIP)
Ulang Tahun PDI Perjuangan Tanggal Berapa (Dok PDIP)

MuslimTerkini.com - Ulasan ini akan membahas tentang ulang tahun PDI Perjuangan tanggal berapa dan sedikit mengulas sejarah PDI Perjuangan.

Salah satu partai terkuat di Indinesia asalah Partain Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan). Partai dengan logo banteng ini telah hadir sejak tahun 1973.

Partai yang dipimpin oleh Megawati Soekarnoputri ini memiliki Ideologi partai didasarkan pada filosofi nasional resmi Indonesia, Pancasila.

Dikutip MuslimTerkini.com dari laman resmi PDIP P Ponororogo, Sejarah PDIP dapat dirunut mulai dari Partai Nasional Indonesia (PNI) yang didirikan oleh Ir Sukarno pada 4 Juli 1927.

Baca Juga: 419 Jemaah Umrah Indonesia Berangkat ke Tanah Suci

PNI bergabung dengan Partai Musyawarah Rakyat Banyak (Partai Murba), Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia (IPKI), Partai Kristen Indonesia (Parkindo) dan Partai Katolik. Partai gabungan tersebut kemudian dinamakan Partai Demokrasi Indonesia (PDI) pada 10 Januari 1973.

Megawati Sukarnoputri kemudian mengubah nama PDI menjadi PDI Perjuangan pada 1 Februari 1999 agar dapat mengikuti pemilu.

Nama tersebut disahkan oleh Notaris Rahmat Syamsul Rizal dan kemudian dideklarasikan pada 14 Februari 1999 di Istora Senayan, Jakarta.

PDI Perjuangan (PDIP) melakukan Kongres I pada 27 Maret-1 April 2000 di Hotel Patra Jasa, Semarang, Jawa Tengah.

Baca Juga: DD Tekno dan Masjed.id Salurkan Bantuan Pengadaan Sumur Bor di Pesantren Tahfidz Entrepreneur Madinatur Rahmah

Halaman:

Editor: Wawan Syafus

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X