• Selasa, 31 Januari 2023

Pengertian Menyusui Menurut WHO Terbaru

- Minggu, 22 Januari 2023 | 09:00 WIB
pengertian menyusui menutur WHO (Pixabay)
pengertian menyusui menutur WHO (Pixabay)

 

MuslimTerkini.com - Hallo bunda, ukasan kali ini akan membahas tentang pengertian menyusui menurut WHO.

Sebelumnya, menyusui seperti yang sama-sama bunda pahami adalah suatu kemestian bagi seorang ibu ketika sang anak terlahir. ASI ibu adalah energi bagi sang buah hati ketika belum bisa mengkonsumsi apapun kecuali ASI.

Namun, pada penerapannya ada beberapa kasus yang mengharuskan bayi menyusu susu formula dengan alasan dan keadaan tertentu.

Lantas apasih pengertian menyusui menurut organisasi kesehatan dunia/ WHO?

Menurut World Health Organization (WHO, 2012) menyatakan bahwa menyusui adalah salah satu cara utama dalam memberikan makanan yang ideal untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat serta mempunyai pengaruh biologis dan kejiwaan terhadap kesehatan ibu maupun bayi.

Baca Juga: Contoh Pidato Persuasif Tentang Pentingnya Menjaga Kesehatan di Sekolah Terbaru 2023

Dari penjelasan diatas menyusui berpengaruh pada biologis dan kejiwaan terhadap kesehatan ibu dan bayi. Begitu juga dengan ASI eksklusif yang banyak mengandung manfaat.

Sedikit kita akan bahas pengertian ASI eksklusif terlebih dahulu. Melansir dari World Health Organization WHO (2006), menyatakan bahwa ASI eksklusif adalah ketika bayi hanya menerima ASI saja dari ibu atau pengasuh yang diminta memberikan ASI dari ibu, tanpa adanya penambahan makanan padat ataupun cairan lainnya, kecuali vitaman yang berupa sirup, obat atau suplemen mineral.

ASI eksklusif disarankan diberikan pada bayi baru lahir hingga usia 6 bulan. Setelah usia 6 bulan bayi boleh diberi MPASI (Makanan Pendamping Asi) jangan sampai MPASI dini ya bund dan tetap mengASIhi karena ASI memiliki manfaat untuk menunjukkan pertumbuhan dan perkembangan fisik serta kecerdasan.

Halaman:

Editor: Wawan Syafus

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X