• Kamis, 29 September 2022

Tokek Berkembang Biak dengan Cara Apa? Ini Jawabannya

- Jumat, 23 September 2022 | 14:33 WIB
Cara tokek berkembang biak (pexels.com)
Cara tokek berkembang biak (pexels.com)

MuslimTerkini.comTokek (Gecko gecko) merupakan jenis hewan reptil yang memiliki ciri khas dapat mengeluarkan suara mengerik dan menceklik sehingga keberadaannya mudah dikenali.

Ciri lainnya yang dimiliki tokek sama dengan kadal dan cicak yaitu memiliki kemampuan memutuskan dan menumbuhkan ekornya (autotomi) saat merasa terancam atau diserang oleh predator.

Biasanya tokek hidup di pepohonan atau di antara bebatuan namun, ada juga tokek yang hidup di dalam rumah dekat dengan manusia.

Baca Juga: Tikus Berkembang Biak dengan Cara Apa? Ini Jawabannya

Jari-jari kaki tokek mempunyai lapisan perekat atau bantalan pelekat sehingga memungkinkan tokek berjalan di langit-langit rumah, tembok, kaca, bebatuan dan memanjat pohon.

Sebagian besar tokek merupakan hewan yang aktif pada malam hari (nokturnal) untuk mencari mangsa, sementara pada siang hari tokek akan bersembunyi dan beristirahat.

Makanan utama yang paling disukai tokek adalah berbagai jenis serangga dan cacing. Tak hanya itu, tokek juga berburu beberapa spesies yang lebih besar darinya seperti burung, reptil lain yang lebih kecil dan mamalia seperti tikus.

Baca Juga: Tumbuhan Nanas Berkembang Biak dengan Cara Apa? Simak Disini Jawabannya

Tokek mempunyai sistem perkawinan yang khas. Bagaimana cara tokek berkembang biak ?

Halaman:

Editor: Yudi Hartono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Unta Berkembang Biak dengan Cara Apa? Ini Jawabannya

Senin, 26 September 2022 | 06:52 WIB

Terpopuler

X