• Kamis, 29 September 2022

Pasal Apa Saja yang Membahas Hak dan Kewajiban Warga Negara? Ini Jawabannya

- Kamis, 22 September 2022 | 08:38 WIB
Jenis Hak Warga Negara dan Contoh Perwujudannya! Berikut Pembahasan Lengkap di Sini! (Pixabay/sasint)
Jenis Hak Warga Negara dan Contoh Perwujudannya! Berikut Pembahasan Lengkap di Sini! (Pixabay/sasint)

MuslimTerkini.com - Intisari dari undang-undang 1945 pasal 28 adalah bahwa rakyat Indonesia dan pejabat memiliki status yang setara dalam mendapatkan hak dan kewajibannya.

Indonesia adalah negara yang demokratis, maka dari itu siapa pun berhak mendapatkan kesempatan berserikat, berkumpul, menyampaikan aspirasi lisan maupun tulisan.

Guru Besar Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada Prof. Dr. Notonagoro menyatakan, hak adalah kuasa untuk menerima atau melakukan suatu yang semestinya diterima atau dilakukan melulu oleh pihak tertentu dan tidak dapat oleh pihak lain manapun juga yang pada prinsipnya dapat dituntut secara paksa.

Baca Juga: Sedekah Subuh Itu Seperti Apa ? Ini Penjelasannya

Hak dan kewajiban adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Di mana ketika seseorang telah melaksanakan kewajibannya, maka ada hal yang mesti diperoleh tanpa campur tangan orang lain. Namun, apakah hak dan kewajiban di Indonesia sudah seimbang?

Setiap warga negara Indonesia ingin mendapatkan kehidupan yang layak dan lebih baik. Akan tetapi realitanya masyarakat belum mendapatkan keseimbangan antara hak dan kewajibannya karena perilaku pemerintah sendiri. 

Sehingga rakyat Indonesia banyak yang menuntut haknya dengan melakukan demonstrasi demi kesejahteraan hidupnya. Hal ini sangat bertolak belakang dengan banyak pejabat yang sudah banyak mendapatkan hak sementara minim melakukan kewajibannya.

Baca Juga: 5 Contoh Sedekah Subuh di Rumah

Berbicara tentang hak dan kewajiban, berikut ini penulis merangkum beberapa pasal dalam Undang-Undang Dasar 1945 yang berkaitan dengan hak dan kewajiban warga negara sebagaimana dilansir dari website resmi Mahkamah Konstitusi: 

Halaman:

Editor: Nur Jamal Shaid

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Unta Berkembang Biak dengan Cara Apa? Ini Jawabannya

Senin, 26 September 2022 | 06:52 WIB

Terpopuler

X