• Senin, 29 November 2021

Jelaskan Pengertian Pantun Jenaka, Ini Jawaban Beserta Penjelasan Lengkapnya

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:07 WIB
Jelaskan Pengertian Pantun Jenaka (Pixabay)
Jelaskan Pengertian Pantun Jenaka (Pixabay)

MuslimTerkini.com - Adik-adik mari berlatih soal mengenai jelaskan pengertian pantun jenaka, juga mari kita belajar contoh pantun jenaka.

Sebagaimana yang Adik-adik ketahui, pada soal tematik tema 4 halaman 41 subtema 1, tentang 'Peredaran Darahku Sehat'? terdapat soal mengenai Pantun Jenaka. Disitu adik-adik akan diberi tugas untuk menjelaskan pengertiannya.

Perlu dipahami bahwa pantun merupakan salah satu bentuk karya sastra yang terikat dengan aturan. Hingga kini, sastra ini masih sangat eksis. Digunakan dalam beberapa kesempatan.

Awal mulanya Pantun adalah sastra lisan, masyarakat tempo dulu terbiasa berbalas pantun. Mereka mengucapkan langsung secara lisan tanpa pikir panjang.

Baca Juga: Kumpulan Pantun Masuk Sekolah Setelah Pandemi Virus Corona, Yuk Semangat Belajar

Salah satu jenis pantun tersebut adalah pantun jenaka, mari berlatih soal tentang pantun jenaka. Agar adik lebih paham, simak dengan baik dan baca kembali buku materi pelajaran yang adik-adik punya ya.

Soal : Kamu telah membaca pantun-pantun jenaka di atas. Apakah yang dimaksud pantun jenaka? Tuliskan pendapatmu pada kolom berikut! Juga berikan contohnya ya.

Jawaban : Pantun jenaka adalah pantun yang berisi hal-hal menarik dan lucu untuk bisa menghibur orang yang mendengarnya. Pantun ini sering digunakan untuk hiburan.

Contoh :
Bunga mawar bunga melati
Paling suka warna merah hati
Luka memar bisa diobati
Luka cinta membuat mati

Baca Juga: Kumpulan Pantun Kapan Kita Bertemu, Aku Merindu dan Ingin Silaturahmi

Halaman:

Editor: Wawan Syafus

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X