• Minggu, 3 Juli 2022

Panduan, Niat dan Bacaan Hingga Manfaat Salat Dhuha

- Selasa, 10 Agustus 2021 | 23:26 WIB
Rasulullah SAW mewasiatkannya kepada umatnya untuk melaksanakan salat Dhuha (https://pixabay.com/)
Rasulullah SAW mewasiatkannya kepada umatnya untuk melaksanakan salat Dhuha (https://pixabay.com/)


Muslim Terkini – Salat merupakan salah satu rukun Islam sekaligus tiang agama. Hal yang membedakan antara seorang Muslim dengan kafir adalah salat. Setiap Muslim yang baligh dan berakal, wajib melaksanakan ibadah salat. Khususnya salat lima waktu.

Saat waktu fajar tiba atau sebelum matahari terbit, muslim wajib melaksanakan salat Subuh. Kemudian, beberapa waktu setelah matahari terbit, masuk pada waktu dhuha. Waktunya sangat panjang karena berakhir hingga beberapa saat sebelum waktu zuhur tiba.

Nah, pada waktu panjang inilah ada salat sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Tidak hanya menganjurkan, beliau juga sering mencontohkannya kepada para Sahabat. Rasulullah juga mewasiatkannya kepada umatnya untuk melaksanakan salat Dhuha. Ini sebagaimana dalam hadits berikut:

Dari Abu Hurairah ra berkata: “Rasulullah SAW berwasiat kepadaku untuk mengerjakan tiga hal: puasa tiga hari tiap bulan, dua rakaat salat dhuha, dan salat witir sebelum tidur. (HR. Muttaqun 'Alaihi)


Pengertian

Salat dhuha merupakan salah satu salat sunnah yang istimewa. Ada banyak manfaat dan manfaat jika seorang muslim rutin melaksanakan salat sunnah ini. Salat ini dikenal sebagai salat sunnah untuk memohon rezeki dari Allah SWT.

Cara melaksanakan salat dhuha ini sama dengan pelaksanaan salat pada umumnya. Hanya saja ada doa-doa tertentu yang dibacakan setelah salat. Salat Dhuha dikerjakan minimal dua raka'at dan bisa dikerjakan maksimal dua belas raka'at.

Masing–masing dua raka'atnya diakhiri dengan satu salam. Salat dhuha dilakukan secara sendiri atau tidak berjamaah (Munfarid)

Baca Juga: Sedekah Subuh Itu Seperti Apa ? Ini Penjelasannya

Bagaimana tata cara salat dhuha?

Halaman:

Editor: Nur Jamal Shaid

Tags

Terkini

6 Fardhu Wudhu, Lakukan Ini Agar Wudhu Menjadi Sah

Selasa, 28 Juni 2022 | 19:47 WIB

Ruqiyah Syariah Terapi Penyakit Migrain Menahun

Minggu, 20 Maret 2022 | 18:43 WIB

Terpopuler

X