• Kamis, 29 September 2022

12 Cara Meningkatkan Ikatan Batin Ibu dan Anak yang Jitu dan Teruji

- Kamis, 22 September 2022 | 22:30 WIB
Cara meningkatkan ikatan batin ibu dan anak (Pixabay)
Cara meningkatkan ikatan batin ibu dan anak (Pixabay)

MuslimTerkini.com – Bagaimana cara meningkatkan ikatan batin antara ibu dan anak ? Ulasan ini akan menjawabnya.

Menjadi seorang ibu adalah suatu kebahagiaan yang dirasakan ketika di dunia. bagaiman atidak, dari Rahim seorang ibulah sang anak tumbuh dan berkembang hingga bisa terlahir kedunia.

Karena begitu dekatnya sang ibu dan anak maka diantara keduanya terdapat satu ikatan batin yang kuat dan bsia dirasakan oleh keduanya.

Banyak contoh ikatan batin ayang terjadi antara ibu dan anak. Selain itu ternyata ikatan batin bisa semakin dieratkan dengan beberapa treatment. Berikut ini adalah cara-caranya :

1. Berinteraksi sejak dalam kandungan
Ibu menjalin ikatan batin dengan cara mengusap perutnya dengan lembut, mengajak bayi berbicara sejak dalam kandungan, bercerita, merasakan gerak bayi yang aktif dalam kandungan, memutar musik atau memutar ayat suci Al-Quran untuk yang beragam Islam. Demikian bayi akan merespon dengan menendang nendang perut ibu

Baca Juga: Ceramah Acara Syukuran yang Bermakna dan Haru

2. Melakukan inisiasi menyusui dini (IMD)
Pada bayi baru lahir, ibu di sarankan untuk melakukan inisiasi menyusui dini (IMD), meletakkan bayi di dada ibu dan menyusui nya, ASI yang pertama di hisab basi yaitu kolostrum.

Kolostrum kaya akan imunoglobulin G yang mampu mencegah infeksi bakteri dan jamur. IMD juga merupakan ikatan batin pertama kali setelah bayi lahir di dunia.

Riset pada jurnal BMC Research Note, menyatakan IMD bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan infeksi, mengurangi gejala diare, sepsis, mengurangi resiko kematian pada bayi hingga 33%

3. Sering melakukan skin-to-skin
Melakukan skin-to-skin dengan cara meletakkan anak di perut dan dada saat menyusui sehingga kulit pun akan bersentuhan. Ikatan batin ibu dan anak akan terjalin dengan salah satu cara melalui sentuhan.

Halaman:

Editor: Wawan Syafus

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Anak jadi Pemarah Setelah Punya Adik, ini Penjelasannya

Minggu, 25 September 2022 | 08:23 WIB

Padu Padan Hijab Segi Empat untuk Penampilan Menawan

Sabtu, 24 September 2022 | 10:10 WIB

Ibu Sedih Bayi Ikut Sedih, Bagaimana Penjelasan Medisnya

Senin, 19 September 2022 | 18:01 WIB

Terpopuler

X