• Kamis, 11 Agustus 2022

Aa Gym: Menahan Marah Bisa Jadi Jalan Masuk Surga

- Selasa, 17 Agustus 2021 | 23:20 WIB
KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) (YouTube @Aagym Official)
KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) (YouTube @Aagym Official)

Muslim Terkini – Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhiid, KH. Abdullah Gymnastiar atau yang akrab disapa Aa Gym mengingatkan umat Muslim agar bisa menahan amarah. Karena seseorang yang bisa menahan marah dijanjikan mendapat ganjaran surga.

Hal ini berdasarkan hadits bahwasannya Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda kepada seorang sahabatnya, “Jangan kamu marah, maka kamu akan masuk Surga.” (HR. ath-Thabrani).

“Kenapa ini menjadi sangat penting, sehingga bisa membuat seseorang masuk ke dalam surga? Karena amarah itu kecenderungan dzolim. Orang yang diperbudak amarah itu kecenderungan dzolim, kata-katanya dzolim, sikapnya dzolim, keputusannya dzolim,” tutur Aa Gym seperti dikutip dari laman Daarut Tauhiid, Selasa (17/08/2021).

Menurut Aa Gym, semakin seseorang tidak bisa mengendalikan amarah, maka dia semakin dekat dengan perbuatan dzolim. “Jadi orang yang bertaqwa itu adalah orang bersikap adil,  orang hanya akan bisa bersikap adil apabila bisa mengendalikan amarah,” kata Aa Gym.

Aa Gym menjelaskan bahwa semakin kita bisa mengendalikan amarah, maka akan semakin bahagia. Pemarah itu, lanjut Aa Gym, kalau dilihat dari raut muka saja dia sudah beda, menjadi tidak nyaman.

Baca Juga: Pernah Puasa Saat Masih Hindu, Mualaf Fathima: Saya Dapat Pengaruh Positif dari Muslim

“Tidak ada wajah pemarah yang nyaman dilihat. Kemudian kita lihat juga tutur katanya. Tutur kata orang pemarah itu turun sekali kualitasnya. Seperti orang yang kurang pendidikannya, ada kata-kata seperti hewan, kata-kata yang tidak pantas, sumpah serapah, dan doa-doa buruk yang keluar,” jelas Aa Gym.

Aa Gym juga mengutip pesan dari Sayyidina Ali bin Abi Thalib, “Jangan mengambil keputusan ketika sedang marah, jangan membuat janji ketika sedang senang.”

Aa Gym mengatakan, jika memberi janji dikala senang, biasanya urusan serba gampang. Orang yang sedang senang, gampang sekali mengeluarkan janji, dan mudah dilupakan. Sementara orang yang diberi janji selalu ingat akan janji tersebut.

Halaman:

Editor: Nur Jamal Shaid

Sumber: Daarut Tauhiid

Tags

Terkini

X