• Selasa, 29 November 2022

Gandeng BPOM, Kemenag Siapkan Peta Jalan Pengawasan Obat dan Makanan untuk Penyelenggaraan Haji

- Kamis, 24 November 2022 | 20:44 WIB
Ilustrasi, jemaah haji Indonesia (Foto: Dok. Kemenag)
Ilustrasi, jemaah haji Indonesia (Foto: Dok. Kemenag)

MuslimTerkini.com - Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) akan menyiapkan roadmap atau peta jalan di bidang pengawasan obat dan makanan dalam penyelenggaraan ibadah haji dan umrah.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Hilman Latief mengatakan, palam perumusan peta jalan ini, pihaknya akan berdiskusi bersama Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Hilman mengatakan, pihaknya sudah membangun MoU dengan berbagai pihak, Mulai dari Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Perdagangan, KADIN (Kamar Dagang dan Industri Indonesia), termasuk berkoordinasi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), berbagai perusahaan baik dalam maupun luar negeri. 

Baca Juga: 5 Contoh Sedekah Subuh di Rumah

“Penting bagi kita untuk merancang betul peta jalan kerjasama dan keterlibatan BPOM dalam ekosistem haji Indonesia. Peta jalan ini saya kira belum muncul sampai sekarang,” ujar Hilman saat menerima Kunjungan dan Audiensi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Ruang Sidang I Ditjen PHU, Jakarta, Kamis (24/11/2022).

Hilman mengatakan besarnya anggaran yang dihabiskan di bidang konsumsi jemaah pada penyelenggaraan haji tahun ini seharusnya menjadi perhatian bersama dalam rangka penguatan ekosistem haji dan juga umrah kedepannya.

Concern kita di sana terkait hal ini adalah pembelanjaan barang-barang dari dalam negeri. Anggaran untuk konsumsi jemaah haji tahun kemarin mencapai 30-35%, ini menjadi perhatian bersama bagaimana kita bisa mendorong pengusaha UMKM dan pengusaha Indonesia umumnya untuk bisa terlibat di sana,” jelas Hilman.

Baca Juga: 15 Quotes Ki Hajar Dewantara Untuk Memperingati Hari Guru Nasional 2022

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Utama BPOM Rita Mahyona menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Dirjen PHU dan jajarannya. 

Halaman:

Editor: Nur Jamal Shaid

Sumber: kemenag.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hendaknya dia berkata baik atau diam

Senin, 28 November 2022 | 19:40 WIB

Mengirim Bantuan Atau Donasi Ke Cianjur

Sabtu, 26 November 2022 | 23:00 WIB
X