• Selasa, 29 November 2022

Menag Ajak Umat Muslim Salat Gaib untuk Korban Gempa Cianjur

- Kamis, 24 November 2022 | 20:30 WIB
Menag ajak puluhan ribu santri saat buka Pospenas untuk mendoakan penyintas gempa Cianjur (kemenag.go.id)
Menag ajak puluhan ribu santri saat buka Pospenas untuk mendoakan penyintas gempa Cianjur (kemenag.go.id)

MuslimTerkini.com - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengajak umat Islam untuk melaksanakan Salat Gaib selepas Salat Jumat pada 25 November 2022. Ajakan ini disampaikan untuk mendoakan para korban yang meninggal akibat gempa di Kabupaten Cianjur.

Seperti diketahui, lebih dari 250 orang dilaporkan meninggal akibat gempa di Kabupaten Cianjur pada 21 November 2022. Selain itu, ada ratusan korban luka, baik berat, sedang, maupun ringan.

“Saya imbau umat Islam Indonesia, sempatkan waktu sejenak, setelah Salat Jumat, untuk melaksanakan Salat Gaib dan mendoakan arwah korban gempa Cianjur,” pesan Menag usai meninjau Masjid Mohamed bin Zayed di Solo, Kamis (24/11/2022).

Baca Juga: 5 Contoh Sedekah Subuh di Rumah

“Saya sudah meminta Dirjen Bimas Islam untuk menerbitkan edaran terkait ajakan Salat Gaib ini,” sambungnya.

Menindaklanjuti arahan Menag, atas nama Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsya) Adib mengaku bahwa pihaknya telah menerbitkan edaran terkait pelaksanaan Salat Gaib. 

“Sebagai bentuk kepedulian terhadap korban meninggal pada gempa di Kabupaten Cianjur, umat Islam diimbau melaksanakan Salat Gaib mendoakan korban meninggal dunia setelah Salat Jumat pada 25 November 2022,” ujar Adib menjelaskan substansi edarannya.

“Di Jakarta, Masjid Istiqlal juga akan melaksanakan Salat Gaib untuk korban meninggal pada peristiwa gempa Cianjur,” sambungnya.

Baca Juga: 15 Quotes Ki Hajar Dewantara Untuk Memperingati Hari Guru Nasional 2022

Halaman:

Editor: Nur Jamal Shaid

Sumber: kemenag.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hendaknya dia berkata baik atau diam

Senin, 28 November 2022 | 19:40 WIB

Mengirim Bantuan Atau Donasi Ke Cianjur

Sabtu, 26 November 2022 | 23:00 WIB
X