• Selasa, 29 November 2022

Makan Buah Mangga Beserta Kulitnya Memiliki Manfaat, Simak Penjelasan dr. Zaidul Akbar Berikut ini

- Kamis, 18 Agustus 2022 | 18:44 WIB
Ilustrasi Mangga (Ist)
Ilustrasi Mangga (Ist)

MuslimTerkini.com -  Buah mangga memiliki kulit yang lazimnya tidak dikonsumsi ketika buah mangga tersebut dimakan.

Hal ini karena kulit mangga rasanya pahit dan juga getir. Terlebih lagi kulit mangga terkadang memiliki getah yang dapat menimbulkan rasa gatal.

Namun salah tokoh kesehatan islami atau yang terkenal dengan jurus sehat ala nabi yakni  dr. Zaidul Akbar menjelaskan hal yang berbeda.

Beliau justru menjelaskan kebermanfaatan memakan buah mangga beserta kulit-kulitnya.

Baca Juga: Surat Al Baqarah Ayat 22 Arab Latin dan Artinya Tentang Syirik, Tiada Tandingan bagi Allah

Berikut adalah ulasan dr. Zaidul Akbar mengenai manfaat makan buah beserta kulitnya yang dikutip PortalJember.com pada kanal YouTube dr. Zaidul Akbar Official.

Jika seseorang ingin lebih sehat dan bugar, maka harus membanyak atau sering mengkonsumsi makanan yang lebih sehat dan bergizi.

"Itu adalah salah satu bentuk atau cara kita menjaga kesehatan di masa pandemi, apalagi dengan memperbanyak konsumsi buah atau sayur yang lebih baik tidak perlu dikupas, jadi langsung dimakan dengan kulitnya," jelas dr. Zaidul Akbar.

Buah-buahan yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan sangat banyak macamnya, seperti apel, pir, bahkan jeruk nipis dan lain sebagainya.

Baca Juga: Surat Al Baqarah Ayat 156 Arab Latin dan Artinya, Inna Lillahi Wa Inna Ilaihi Raji'un

Menurut suatu penelitian, kandungan vitamin C yang tertinggi pada jeruk nipis dan jeruk lemon justru malah terletak bukan pada daging buahnya tapi pada kulit buahnya.

"Saat mengkonsumsi buah jeruk nipis atau jeruk lemon, maka lebih baik jangan membuang kulit buahnya, misal jika ingin dijadikan rebusan atau jika dikonsumsi dengan cara lain, sebab ini salah satu cara untuk mendapatkan komponen-komponen utuh dari buah tersebut," terang dr. Zaidul.

Hal demikian dianjurkan sebab dari warna-warna tumbuhan tersebut, kita bisa mendapatkan informasi tentang kandungan antioksidan yang dikandungnya di dalamnya.

Apalagi pada tumbuhan buah dan sayur yang berwarna ungu. Buah atau sayur seperti ini biasanya kandungan antioksidannya sangat tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan.

Baca Juga: Surat Al Baqarah Ayat 8 Arab Latin dan Artinya, Tentang Ciri Ciri Orang Munafik Dalam Islam

Itulah manfaat yang jarang diketahui tentang baiknya mengkonsumsi buah dengan kulitnya.( Illiyin Tiara Pramesti / PortalJember.com)

Artikel ini telah tayang di Portal Jember dengan judul Benarkah Makan Buah dengan Kulitnya Memiliki Manfaat? Ini Kata dr. Zaidul Akbar

Editor: Wawan Syafus

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hendaknya dia berkata baik atau diam

Senin, 28 November 2022 | 19:40 WIB

Mengirim Bantuan Atau Donasi Ke Cianjur

Sabtu, 26 November 2022 | 23:00 WIB
X