• Jumat, 27 Mei 2022

Cholil Nafis Tekankan ini Pada Jemaah Sholat Jumat

- Selasa, 18 Januari 2022 | 10:03 WIB
Tangkapan Layar Akun Cholil Nafis
Tangkapan Layar Akun Cholil Nafis

MuslimTerkini.com - Dalam sholat jumat, ada khutbah yang dibacakan oleh khotib. Pada moment inilah jemaah sholat jumat akan mendapat siraman rohani.

Oleh sebab itulah, para jemaah diharapkan dan bahkan diharuskan untuk mendengar khutbah sholat jumat.

Hal ini ditekankan oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Cholil Nafis.

Melalui unggahan di akun Twitternya, Cholil Nafis menekankan khutbah Jumat wajib didengar dan jemaah diam saat khatib naik. Ia juga meminta untuk memastikan niat khatib tulus dalam khutbah Jumat.

Baca Juga: Surah Al Baqarah Ayat 142-150 Arab dan Artinya, Pemindahan Kiblat Kearah Masjidilharam Terletak di kota Makkah

Seperti yang telah diberitakan oleh PikiranRakyat.com dengan judul Ketua MUI Ingatkan Jemaah Salat Jumat: Khutbah Wajib Didengar, Harus Diam Saat Khatib Naik.

"Khutbah Jum’at itu wajib di dengar. Siapapun harus diam saat khothib naik menyampaikan khutbah Kum’at. Maka ayo pastikan niat khothib itu tulus krn Allah dan menjawab persoalan umat dari orienatsi dunia menjadi tujuan akhirat," kata Cholil Nafis, Sabtu, 8 Januari 2022.

Di sisi lain, Cholil Nafis menyoroti saat ini muncul posisi khatib yang mulia direndahkan dan membosankan. Alasannya karena isi khutbah yang tidak berbobot dan terkesan asal-asalan.

"Khutbah adalah pekerjaan yang paling sulit karena durasinya pendek, tapi harus mengemukakan banyak hal," ujar Cholil Nafis, Sabtu, 8 Januari 2022, dikutip dari laman MUI.

Baca Juga: Quotes Bersyukur Atas Nikmat Allah, Sebagai Tanda Kesempurnaan Iman Seseorang

Halaman:

Editor: Wawan Syafus

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X