• Jumat, 27 Mei 2022

Survei PPIM UIN Jakarta: 30 Persen Siswa di Indonesia Percaya Teori Konspirasi terkait Covid-19

- Minggu, 9 Januari 2022 | 07:22 WIB
Ilustrasi, 30 Persen Siswa di Indonesia Percaya Teori Konspirasi terkait Covid-19 (MuslimTerkini.com)
Ilustrasi, 30 Persen Siswa di Indonesia Percaya Teori Konspirasi terkait Covid-19 (MuslimTerkini.com)

MuslimTerkini.com – Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) UIN Jakarta merilis hasil survei nasional terkait “Pandangan Siswa Sekolah/Madrasah tentang Agama, Pandemi dan Bencana.”

Hasil survei disampaikan webinar berjudul “Anak Muda dan COVID-19: Berbineka Kita Teguh, Ber-hoaks Kita Runtuh” pada Rabu, 5 Januari 2022 lalu.

Survei yang dilakukan secara nasional di 34 provinsi ini menunjukkan, sekitar 30 persen siswa di Indonesia mempercayai hoaks atau teori konspirasi terkait Covid-19.

Misalnya, sekitar 31,5 persen responden mempercayai rumor bahwa rumah sakit sengaja menjadikan pasien sebagai pasien Covid-19 demi mendapatkan biaya penanggulangan atau penanganan pasien Covid-19 yang disediakan pemerintah.

Baca Juga: Niat Sholat Tahajud, Tata Cara dan Bacaan Doanya

Fatalisme dan kepercayaan terhadap teori konspirasi ini berdampak negatif terhadap kepatuhan siswa dalam menjalankan protokol kesehatan dan perilaku hidup sehat selama masa pandemi Covid-19.

Responden yang percaya pada hoaks atau teori konspirasi menunjukkan kecenderungan lebih rendah untuk mematuhi protokol kesehatan, menjalani vaksinasi, dan berperilaku hidup sehat.

Terkait fatalisme, hasil analisis menunjukkan bahwa pandangan fatalis berpengaruh negatif terhadap perilaku hidup sehat. Mereka yang berpandangan fatalis juga memiliki kecenderungan lebih tinggi untuk mempercayai hoaks atau teori konspirasi.

Selain itu, angka yang lebih mengkhawatirkan ditemukan dalam kepatuhan siswa terhadap anjuran untuk mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan, menjaga jarak, dan menjalani vaksinasi.

Halaman:

Editor: Nur Jamal Shaid

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X