• Kamis, 20 Januari 2022

Hari Solidaritas Palestina, Ketua Komisi HLNKI MUI Sampaikan Dua Pandangan

- Sabtu, 27 November 2021 | 21:43 WIB
Hari Solidaritas Palestina, Ketua Komisi HLNKI MUI Sampaikan Dua Pandangan (Pixabay)
Hari Solidaritas Palestina, Ketua Komisi HLNKI MUI Sampaikan Dua Pandangan (Pixabay)

MuslimTerkini.comMajelis Ulama Indonesia (MUI) mengingatkan tentang pentingnya solidaritas untuk Palestina. Hal tersebut terungkap dalam webinar refleksi akhir tahun dan Hari Solidaritas Palestina bertajuk “Situasi Dunia Islam dan Prospeknya” pada Kamis, 25 November 2021 lalu.

Ketua Komisi Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional (HLNKI) MUI, Drs Bunyan Saptomo memberikan dua pandangan terkait gerakan solidaritas Palestina.

Pertama, situasi Timur Tengah ini masih mengalami tantangan yang cukup berat dari dalam maupun dari luar. Tantangan dari dalam adalah antar negara-negara Timur Tengah sendiri. Sedangkan tantangan dari luar adalah tantangan yang berasal dari banyak pihak.

Baca Juga: 4 Cara Agar Umur Menjadi Berkah dan Panjang Menurut Hadist dan Ulama

“Tantangan dari dalam sendiri bisa dengan membangun konsolidasi yang kuat antar negara Timur Tengah. Sedangkan, tantangan dari luar ini bisa dieleminir dengan cara memperkuat konsolidasi pertahanan internal yang baik, terutama negara Timur Tengah harus bisa menggalang satu kekuatan dengan negara lain,” katanya dikutip dari laman mui.or.id.

Menurutnya, dengan cara memenuhi kepentingan seperti perdagangan, ini bisa menjadi faktor penentu di samping faktor politik.

Kedua, Indonesia sebagai negara Islam harus memiliki ketahanan dalam memperkuat diplomasi. hubungan internal dengan timur tengah, serta hubungan timur tengah dengan uni eropa.

Timur Tengah sendiri, lanjut dia, memiliki posisi yang strategis yang diapit oleh benua Eropa dan benua lain yang posisinya bisa jadi rebutan. Bisa karena faktor minyak, faktor politik dan faktor lain.

Baca Juga: Mengerikan, Epidemiolog Katakan Bahwa Varian Covid-19 Omicron Menular 500% Lebih Cepat

Halaman:

Editor: Nur Jamal Shaid

Sumber: mui.or.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cholil Nafis Tekankan ini Pada Jemaah Sholat Jumat

Selasa, 18 Januari 2022 | 10:03 WIB

Sebuah Monitoring Sistem

Minggu, 9 Januari 2022 | 12:49 WIB

419 Jemaah Umrah Indonesia Berangkat ke Tanah Suci

Minggu, 9 Januari 2022 | 07:52 WIB

Nasihat Jamil Azzaini Tentang Menebar Kebikan

Rabu, 5 Januari 2022 | 20:33 WIB

Terpopuler

X