• Selasa, 29 November 2022

Otoritas Masjidil Haram Hadirkan Robot Pintar Pemandu Jemaah, Tersedia dalam 11 Bahasa

- Senin, 15 November 2021 | 17:49 WIB
Otoritas Masjidil Haram Hadirkan Robot Pintar Pemandu Jemaah (SPA)
Otoritas Masjidil Haram Hadirkan Robot Pintar Pemandu Jemaah (SPA)

MuslimTerkini.com – Pemerintah Arab Saudi melalui Kepresidenan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci menghadirkan layanan dan teknologi pintar untuk jemaah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Upaya tersebut dilakukan untuk meningkatkan layanan untuk pengunjung Masjidil Haram. Salah satu layanan tersebut adalah adanya robot pintar yang membantu jemaah di Masjidil Haram Makkah untuk melakukan ibadah.  

Dikutip dari laman Saudi Press Agency, Senin 15 November 2021, robot beroda empat tersebut membantu jemaah saat beribadah, menawarkan layanan buka puasa, dan menjawab pertanyaan.

Baca Juga: Lazismu Segera Bangun Kembali Jembatan di Desa Aur Duri Merangin Jambi yang Rusak

Selain itu, dalam robot ini juga ada opsi untuk menambahkan terjemahan instan, komunikasi jarak jauh dengan syekh, dan mengatur arahan dalam berbagai bahasa.

Robot yang dikendalikan dari jarak jauh ini mendukung 11 bahasa di antaranya bahasa Arab, Inggris, Prancis, Rusia, Persia, Turki, Cina, Bengali, dan Hausa.

Robot pintar tersebut juga memiliki layar sentuh 21 inci yang dapat digunakan untuk menangani masalah pengunjung Masjidil Haram. Seperti membimbing jemaah dan mengekspresikan pendapat.

Tidak hanya itu, robot pintar ini juga dilengkapi dengan sistem penghentian cerdas yang memungkinkannya bergerak dengan mudah dan fleksibel. Tidak ketinggalan, robot ini juga ditambahkan kamera berkualitas tinggi untuk transmisi.

Baca Juga: Bagaimana Cara Merawat Koleksi Perpustakaan Agar Tetap Bagus? Simak Penjelasannya

Halaman:

Editor: Nur Jamal Shaid

Sumber: spa.gov.sa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hendaknya dia berkata baik atau diam

Senin, 28 November 2022 | 19:40 WIB

Mengirim Bantuan Atau Donasi Ke Cianjur

Sabtu, 26 November 2022 | 23:00 WIB
X