• Sabtu, 1 Oktober 2022

Upacara Peringatan Hari Santri 2021, Menag: Pesantren Punya Kemampuan Hadapi Pandemi

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 14:00 WIB
Upacara Peringatan Hari Santri 2021, Menag: Pesantren Punya Kemampuan Hadapi Pandemi  (Kemenag)
Upacara Peringatan Hari Santri 2021, Menag: Pesantren Punya Kemampuan Hadapi Pandemi (Kemenag)

MuslimTerkini.com – Peringatan Hari Santri Nasional 2021 masih dalam suasana pandemi COVID-19. Meski begitu, peringatan hari santri yang berlangsung pada tanggal 22 Oktober 2021 berlangsung meriah di berbagai daerah.

Kementerian Agama menggelar upacara peringatan Hari Santri Nasional di kantor Kemenag, Jakarta pada Jumat 22 Oktober 2021. Dalam sambutannya, Menag Yaqut Cholil Qoumas mengapresiasi kemampuan pesantren dalam menghadapi wabah COVID-19.

"Kita patut mengapresiasi beberapa pesantren yang berhasil melakukan upaya pencegahan, pengendalian, dan penanganan atas dampak pandemi COVID-19 ini," tegas Menag Yaqut.

Baca Juga: Danone Indonesia-Kampus Bisnis Umar Usman Dorong UMKM Go Digital dan Modern

Menurut Menag, ini menjadi bukti nyata bahwa pesantren juga memiliki kemampuan untuk menghadapi pandemi COVID-19 di tengah berbagai keterbatasan fasilitas yang ditambahkan.

Menag menilai, pesantren memiliki modal utama dalam menghadapi tantangan, yaitu tradisi dan sikap kehati-hatian, yang selama ini diajarkan oleh para kiai kepada santri-santrinya. "Keteladanan para kiai berkontribusi untuk mendorong para santri menyediakan vaksin yang saat ini sedang diprogramkan oleh pemerintah," lanjutnya.

Menag mengajak para santri dan seluruh elemen masyarakat untuk mendukung para pahlawan terutama dari kalangan ulama, kiai, santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama.

Baca Juga: Telkomsel-Rumah Zakat Salurkan Bantuan APD Hingga Sembako untuk Nakes dan Tenaga Pemulasaran Jenazah Covid-19

Hari Santri tidak terlepas dari perjuangan mereka yang pada 22 Oktober 1945 menerbitkan Resolusi Jihad di bawah komando Hadratusy-Syaikh Hasyim Asy'ari.

Halaman:

Editor: Nur Jamal Shaid

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Masjid Sheikh Zayed di Solo Segera Diresmikan

Rabu, 28 September 2022 | 20:53 WIB

Ini Makna dari Tema dan Logo Hari Santri 2022

Rabu, 28 September 2022 | 20:13 WIB

Terpopuler

X