• Senin, 29 November 2021

Cerita Sukses Budidaya Lobster Air Tawar Petani Binaan BAZNAS, dari 40 Jadi 2.000 Ekor Lebih

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 17:30 WIB
Cerita Sukses Budidaya Lobster Air Tawar Petani Binaan BAZNAS, dari 40 Jadi 2.000 Ekor Lebih (Baznas)
Cerita Sukses Budidaya Lobster Air Tawar Petani Binaan BAZNAS, dari 40 Jadi 2.000 Ekor Lebih (Baznas)

MuslimTerkini.com – Kelompok Tani Rahayu binaan BAZNAS di Lampung Tengah sukses mengembangkan budidaya lobster air tawar. Budidaya ini dilakukan kelompok dengan didampingi oleh program pendamping Lumbung Pangan BAZNAS dan seorang tenaga ahli.

Program Pendamping Lumbung Pangan, Okka mengatakan berkembangnya budidaya lobster air tawar ini tidak lepas dari kegigihan para petani binaan BAZNAS.

"Alhamdulillah semua petani binaan kita amanah dan tekun. Jadi yang awalnya hanya 40 ekor dan sempat mengalami banyak yang mati karena proses adaptasi, sisa 11 ekor. Sekarang sudah 2.000 lebih. Memang prosesnya agak lama, tapi konsisten bertambah," kata Okka.

Baca Juga: DMI Salurkan Bantuan Rp 1 Miliar untuk Pembangunan RS Indonesia di Hebron Palestina

Perawatan yang rutin dilakukan antara lain mengganti air kolam yang sudah keruh atau berlumut, membersihkan shelter lobster, dan menyortasi. Pemijahan dan lobster dilakukan di tempat yang terpisah, sehingga potensi gangguan pada saat penetasan telur dapat diminimalisasi.

Berbagai perkembangan telah dirasakan dengan bertambahnya jumlah lobster yang sebelumnya mencapai beberapa belasan, namun kini bertambah menjadi jumlah ekor. Hal ini sangat disyukuri para mustahik, yang telah diterapkan dengan mengaplikasikan ilmu yang didapat dari program pendamping.

Kolam lobster diperkirakan dapat menampung hingga 3.000 ekor lobster dewasa. Kondisi saat ini sudah menghasilkan kurang lebih 2.700 anakan. Mulai dari yang baru menetas hingga yang sudah siap dipijah.

Baca Juga: Maulid Nabi Muhammad SAW, Haedar Nashir Ajak Umat Utamakan Pengamalan Ajaran Welas Asih dan Rahmat

Pemijahan dilakukan dan dipilih indukan yang sudah siap. Saat ini jumlah indukan telah meningkat hingga 60 ekor dari sejak awal dibudidayakan. Melalui sortasi dan pemantauan diharapkan dapat terlihat mana indukan yang potensial sehingga dapat segera diisolasi.

Halaman:

Editor: Nur Jamal Shaid

Sumber: baznas.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Informasi Mall Ramayana Kotabumi Lampung Utara

Minggu, 28 November 2021 | 09:10 WIB
X