• Senin, 29 November 2021

Jokowi Teken Perpres Dana Abadi Pesantren Jelang Peringatan Hari Santri Nasional

- Selasa, 14 September 2021 | 17:07 WIB
Jokowi Teken Perpres Dana Abadi Pesantren Jelang Peringatan Hari Santri Nasional (BPMI Setpres)
Jokowi Teken Perpres Dana Abadi Pesantren Jelang Peringatan Hari Santri Nasional (BPMI Setpres)

Muslim TerkiniPresiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren. Perpres Nomor 82 Tahun 2021 yang mengatur tentang dana abadi pesantren tersebut diteken pada 2 September 2021 lalu.

Terbitnya Perpres ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan pesantren di Indonesia karena ada regulasi baru yang memperkuat bagi pemerintah daerah untuk membantu dalam hal alokasi anggaran.

Hadirnya Perpres dana abadi pesantren ini dinilai sebagai kado istimewa jelang peringatan Hari Santri Nasional yang akan berlangsung pada 22 Oktober 2021 mendatang.  

Baca Juga: Wacana Amandemen UUD 1945, Ketua Kelompok DPD: Masyarakat Mempertanyakan Jabatan Presiden 3 Periode

Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid mengapresiasi langkah Jokowi yang akhirnya meneken Perpres tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren sebagai aturan turunan dari Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 Tentang Pesantren yang disahkan oleh DPR sejak 15 Oktober 2019 lalu.

Alhamdulillah, Presiden Jokowi akhirnya menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren. Ini yang kita tunggu-tunggu selama ini. Perpres ini menjadi kado indah bagi santri dan kalangan pesantren yang akan memperingati Hari Santri pada 22 Oktober mendatang,” ujar Gus Jazil, sapaan akrab Jazilul Fawaid, Selasa (14/9/2021).

Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menegaskan bahwa ditandatanganinya Perpres tersebut menunjukkan komitmen kuat Pemerintah dalam memajukan sekaligus perlakuan yang adil terhadap pesantren.

Baca Juga: Cerita Iko Uwais Sebelum Jadi Aktor: Pernah Dipalak Sampai Dibanting Kursi Sekolah

“Dulu Pak Jokowi melalui usulan dari berbagai kalangan pesantren dan dikawal oleh PKB, menetapkan Hari Santri Nasional pada 2015. Kemudian lahir Undang-Undang Pesantren pada 2019, dan kini diteken Perpres tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren. Ini harus kita apresiasi, dan PKB akan terus mengawalnya,” ujar Gus Jazil.

Halaman:

Editor: Nur Jamal Shaid

Sumber: mpr.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Informasi Mall Ramayana Kotabumi Lampung Utara

Minggu, 28 November 2021 | 09:10 WIB
X