• Sabtu, 18 September 2021

Abdul Mu’ti: Ketika Agama Tidak Lagi dalam Tujuan Pendidikan, Itu Membuat Manusia Kehilangan Kemanusiaanya

- Minggu, 12 September 2021 | 10:10 WIB
Ilustrasi Masjid (Pixabay)
Ilustrasi Masjid (Pixabay)

Muslim Terkini - Nilai-nilai agama, taqwa dan keimanan adalah hal penting yang harus ada dalam pendidikan.

Diera modernisme dan globalisasi ini banyak hal yang bisa meminggirkan aspek spiritualitas dalam kehidupan manusia. Baik spiritualitas yang bersumber dari ajaran agama, atau spiritualitas yang bersumber dari nilai-nilai budaya.

Membawa data pusat riset Pew, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti menyebut terpinggirkannya aspek spiritualitas itu tidak terjadi secara alamiah saja, tapi juga terbangun lewat gerakan.

Hal inilah yang dikhawatirkan Mu’ti ikut berdampak pada masa depan pendidikan nasional. Pasalnya, dia menangkap ada berbagai rangkaian kejadian yang mengarahkannya pada kesimpulan itu.

Baca Juga: Uzbekistan: Larangan Berhijab Dicabut, Anak Sekolah Bisa Gunakan Hijab

Bahkan, manusia bisa kehilangan rasa kemanusiaanya jika menghilangkan nilai agama dan taqwa dalam tujuan pendidikan.

“Karena itu maka kalau sekarang ada upaya-upaya untuk misalnya menjadikan agama dan iman takwa itu sebagai sesuatu yang tidak ada lagi di dalam tujuan pendidikan, mata pelajaran, saya kira itu akan menjadikan manusia kehilangan kemanusiaannya,” demikian kata Mu’ti dalam Seminar Nasional Ikatan Alumni UNY bertajuk “Spiritualisme dalam Pendidikan dan Kesehatan Masyarakat”, Selasa (07/09/2021).

Abdul Mu’ti merasa khawatir sebab pendidikan itu menurutnya berpusat pada manusia yang hidup bukan sebagai makhluk jasmaniah saja.

“Maka pendidikan itu harus berpusat pada manusia, dan karena manusia itu adalah makhluk jasmani dan rohani, maka pendidikan itu harus memenuhi aspek jasmani dan ruhani dalam diri manusia itu,” terangnya.

Baca Juga: Ini Link Download Logo Hari Santri 2021 Berbagai Versi dari NU: PNG, JPEG, PDF, PSD dan SVG Lengkap

Halaman:

Editor: Wawan Syafus

Sumber: muhammadiyah.or.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kumpulan Pantun Sabtu Islami, Cocok untuk Referensimu

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X