• Kamis, 29 September 2022

Teks Khutbah Jangan Meninggal Kecuali dalam Keadaan Islam

- Kamis, 22 September 2022 | 08:13 WIB
keadaan islam (Pixabay)
keadaan islam (Pixabay)

MuslimTerkini.com - Sobat Muslim, berikut ini adalah teks khutbah singkat tentang jangan meninggal kecuali dalam keadan membawa islam. Khutbah ini cocok digunakan sebagai referensi bagi para khatib sebagai naskah teks khutbah dalam shalat jum’at

Shalat jum’at adalah rangkaian ibadah rutin yang setiap jum’at pasti dilaksanakan, maka sangat penting bagi khatib untuk memilih dan menetukan setiap tema khutbah yang akan disampaikan kepada jama’ah.

Kematian adalah sesuatu yang pasti dialami oleh setiap makhluq. Bagi seorang muslim mati membawa islam merupakan impian dan kebahagian yang paling di impikan. Maka dari itu Allah telah menyeruh kepada umat islam untuk melarang kita meninggal kecuali dalam keadaan islam.

Khutbah Jum’at Jangan Meninggal Kecuali Dalam Keadan Membawa Islam.

اَلْحَمْدُ لِلّهِ، اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ هَدَانَا صِرَاطَهُ الْمُسْتَقِيْمَ، صِرَاطَ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَالصِّدِيْقِيْنَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِيْنَ وَحَسُنَ أُوْلٓـئِكَ رَفِيْقاً.
أشْهَدُ أنْ لاَ إِلٰه إلاَّ اللّٰهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.
يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا
فَأِنّ أَصْدَقَ الْحَدِيْثِ كِتَابُ اللهِ، وَخَيْرَ الْهَدْىِ هَدْىُ مُحَمّدٍ صَلّى الله عَلَيْهِ وَسَلّمَ، وَشَرّ اْلأُمُوْرِ مُحْدَثَاتُهَا، وَكُلّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ وَكُلّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةً، وَكُلّ ضَلاَلَةِ فِي النّارِ.

Baca Juga: 3 Nilai nilai Luhur yang Terkandung dalam Lagu Kicir kicir, Kunci Jawaban

Hadirin Kaum Muslimin Jama’ah Jum’at Rahimakumullah
Tiada kata dan kalimat yang paling indah, selain dari ungkapan rasa syukur kehadirat Allah SWT. alhamdulillahi robbil 'aalamin atas limpahan rahmat dan kasih sayang-Nya pada hari yang berbahagia ini, hari yang rmulia, penghulu segala hari yaitu hari Jum'at, kita masih diberikan kesehatan, kesempatan dan keimanan yang masih tertancap kuat di dalam hati kita masing-masing, sehingga kita dapat memenuhi panggilan-Nya, salah satu perintah wajib yaitu shalat jum'ah berjamaah.

Sholawat dan salam tetap tercurahkan kepada keharibaan Junjungan Nabi Agung Nabi Muhammad saw, besrta keluarganya, sahabat-sahabatnya, dan para pengikutnya hingga Akhir zaman. Allahumma Shalli ‘Ala Sayyidina Muhammad Wa’ala Ali Sayyidina Muhammad.

Melalui mimbar yang mulia ini khatib mengajak khususnya pada diri khatib sendiri, dan para jama’ah sekalian Marilah senantiasa kita tingkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT dengan sebenar benarnya taqwa. Mengerjakan dan mentaati segala perintah-Nya dengan penuh rasa ikhlas. Dan menjauhi dan meningalkan segala larangan-larangan Allah dengan penuh rasa Ridha dan sabar.

Seorang Muslim yakin sepenuhnya bahwa karunia Allâh SWT. yang terbesar di dunia ini adalah Addiinul Islam yaitu agama Islam. Setiap Muslim wajib bersyukur kepada Allâh SWT. Atas limpahan nikmat yang telah di berikan kepada kita berupa hidayah Islam. Allâh SWT telah menyatakan bahwa Islam adalah nikmat karunia terbesar,
Sebagaimana firman-Nya :
الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الْإِسْلَامَ دِينًا “
Artinya : Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu untukmu, dan telah Aku cukupkan nikmat-Ku bagimu, dan telah Aku ridhai Islam sebagai agamamu” ( QS. Al-mâidah :3).

Halaman:

Editor: Wawan Syafus

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Khutbah Jumat Tentang Umur Dunia yang Begitu Singkat

Kamis, 22 September 2022 | 08:23 WIB

Teks Khutbah Singkat Tentang Penyelasan Penghuni Neraka

Minggu, 18 September 2022 | 14:46 WIB

Khutbah 5 Perkara Sebelum 5 Perkara Penuh Makna Mendalam

Minggu, 18 September 2022 | 14:15 WIB

Syarat Syarat, Rukun dan Sunat Dalam Khutbah Jumat

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 13:58 WIB

Terpopuler

X