• Selasa, 29 November 2022

Man Kana Yu'minu Billahi Wal Yaumil Akhiri, Hadits Arbain Tentang Berkata Baik, Memuliakan Tetangga dan Tamu

- Kamis, 24 November 2022 | 20:49 WIB
Man Kana Yu'minu Billahi Wal Yaumil Akhiri Artinya, Ini Hadits Lengkap dan Penjelasannya (muslimterkini.com)
Man Kana Yu'minu Billahi Wal Yaumil Akhiri Artinya, Ini Hadits Lengkap dan Penjelasannya (muslimterkini.com)

MuslimTerkini.com - Man kana yu'minu billahi wal yaumil akhiri adalah penggalan dari hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang diriwayatkan oleh Al Bukhari dan Muslim.

Man kana yu'minu billahi wal yaumil akhiri juga terdapat dalam kitab hadits Arbain Nawawi, karya Imam Nawawi, atau yang sering disebut sebagai hadits Arbain ke-15 tentang berkata baik, memuliakan tetangga dan tamu.

Dalam hadits Arbain ke-15, penggalan kalimat Man kana yu'minu billahi wal yaumil akhiri artinya "siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir".

Baca Juga: La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin arab dan Artinya, Surat Al Anbiya ayat 87 Doa Nabi Yunus

Berikut ini adalah hadits lengkap Man kana yu'minu billahi wal yaumil akhiri dengan tulisan arab latin dan artinya.

عَنْ اَبِى هُرَيرَةَ رَضِيَ اللّهُ عَنْهُ اَنَّ رَسُوْلَ اللّهِ صَلَّى اللّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِااللّهِ وَ الْيَوْمَ الآخِرِ فَلْيَقُلْ خَيْرًا اَوْ لِيَصْمُتْ، وَ مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِااللّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَلْيُكْرِمْ جَارَهُ، وَمَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِااللّهِ وَالْيَوْمِ الْاَخِرِ فَلْيُكْرِمْ ضَيْفَهُ (رواه البخاري ومسلم)

Artinya: Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah Saw. bersabda, "Siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah dia berkata baik atau diam, siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah dia menghormati tetangganya dan barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah dia memuliakan tamunya" (Riwayat Bukhari dan Muslim)

Baca Juga: 3 Doa Sujud Terakhir Diantaranya Doa Bertaubat, Meminta Husnul Khatimah serta Ketetapan dalam Islam

Dalam hadits ini sangat jelas sekali bahwa tidak boleh berbicara kecuali dengan ucapan yang baik, karena ucapan yang baik itu ada manfaatnya. Ketika seseorang ragu dalam ucapannya apakah ada manfaatnya atau tidak, maka hendaklah dia tidak berbicara (diam).

Halaman:

Editor: Yudi Hartono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Hadits Tentang Hujan Itu Rahmat

Selasa, 29 November 2022 | 19:32 WIB
X