• Selasa, 29 November 2022

Khutbah Menyambut Bulan Rabiul Awal, ini 4 Hal yang Perlu Anda Catat

- Selasa, 27 September 2022 | 06:05 WIB
Khutbah Menyambut Bulan Rabiul Awal (Ist)
Khutbah Menyambut Bulan Rabiul Awal (Ist)

MuslimTerkini.com – Ulasan ini akan menyuguhkan contoh teks khutbah menyambut bulan rabiul awal yang bisa Anda jadikan sebagai bahan untuk berkhutbah.

Perlu diketahui bahwa Bulan Rabiul Awal adalah bulan ketiga dalam kalender Hijriah, tepatnya setelah bulan Safar dan sebelum Rabiul Akhir.

Rabiul Awal menjadi salah satu bulan yang dimuliakan umat Islam karena bertepatan dengan sejumlah peristiwa penting. Salah satunya adalah maulid nabi atau peringatan hari kelahiran nabi Muhammad.

Khutbah I
اَلْحَمْدُ ِللهِ الًّذِى خَلَقَ الْاِنْسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيْمِ وَالّذِيْ هَدَانَا لِطَرِيْقِهِ الْقَوِيْمِ وَفَقَّهَنَا فِي دِيْنِهِ الْمُسْتَقِيْمِ. أَشْهَدُ أَنْ لآاِلهَ إِلّاَ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ شَهَادَةً تُوْصِلُنَا إِلَى جَنَّاتِ النَّعِيْمِ وَتَكُوْنُ سَبَبًا لِلنَّظَرِ لِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ. وأَشْهَدُ أَنْ سَيِّدَنَا وَنَبِيَّنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ النَّبِىُ الرَّؤُفُ الرَّحِيْمُ صَلَّى اللهُ وَسَلَّمَ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ أُوْلِى الْفَضْلِ الْجَسِيْمِ أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ، أُوْصِيْنِيْ نَفْسِيْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ، فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ، قَالَ اللهُ تَعَالَى: بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ، لَقَدْ خَلَقْنَا الْاِنْسَانَ فِيْٓ اَحْسَنِ تَقْوِيْمٍ

Baca Juga: Ceramah Tentang Qada dan Qadar yang Penuh Nasihat, Beginilah Ketentuannya

Ma’asyiral Muslimin rakhimakumullah,
Alhamdulillah, bersyukur kita kepada Allah atas karunia nikmat yang diberikan-Nya, bsersholawat kepada nabi agung kita nabi Muhammad saw, semoga Allah senantiasa melimpahkan Rahmat-Nya kepada beliau, keluarga, sahabat-sahabatnya dan pengikutnya sampai kita sekarang ini.

Marilaah kita selalu meningkatkan Iman dan Taqwa kepada Allah, dengan cara menjalankan segala perintah dan meninggalkan semua larangan-Nya.

Peristiwa di Bulan Rabiul Awal Disebutkan dalam riwayat Imam Ath-Thabari, Al-Baihaqi, ada beberapa peristiwa bersejarah ketika Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam dilahirkan di bulan Rabiul Awal.

1. Kelahiran Nabi Muhammad SAW
Sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur'an surat Al-anbiya ayat 107

وَمَآ أَرْسَلْنَٰكَ إِلَّا رَحْمَةً لِّلْعَٰلَمِينَ

Dan tiadalah Kami mengutus kamu. melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.

Halaman:

Editor: Wawan Syafus

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Hadits Tentang Hujan Itu Rahmat

Selasa, 29 November 2022 | 19:32 WIB
X