• Selasa, 29 November 2022

Ceramah Tentang Qada dan Qadar yang Penuh Nasihat, Beginilah Ketentuannya

- Senin, 26 September 2022 | 07:40 WIB
Ceramah Tentang Qada dan Qadar (Pixabay)
Ceramah Tentang Qada dan Qadar (Pixabay)

MuslimTerkini.com - Berikut ini adalah contoh ceramah singkat tentang qada dan qadar beserta dalilnya ceramah ini cocok digunakan sebagai referensi bagi para da’i dan ustadz sebelum melakukan ceramah

Setiap oramng pasti memiliki keinginan dan harapan yang besar. Namun yang harus diyakini dan di pahami oleh setiap muslim adalah bahwa setiap kejadian berada sepenuhnya dalam genggaman-Nya yaitu qada dan qadar –Nya Allah SWT. Kita sebagai hambanya hanya mampu untuk berusaha dan berikhtiar serta mengiringi setiap ikhtiar kita dengan do’a dan Tawakkal.

Maka dari itu tidaklah sempurna keimanan seorang muslim jika tidak beriman kepada qada dan qadar Allah SWT.

اَلْحَمْدُ لِلهِ الْكَرِيْمِ المَنَّانِ, خَالِقِ الْإِنْسِ وَالْجَانِّ, أَنْزَلَ الْقُرْآنِ, وَعَلَّمَ اْلبَيَانِ, فَأَنْطَقَ الِّلسَانِ عَلَى خَيْرَ خَلْقِ اللهِ بِالصَّلَاةِ وَالسَّلاَم، مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِاللهِ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أفْضَلُ الصَّلَاةِ وَأَزْكَى السَّلَام.اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الَمَبْعُوْثُ رَحْمَةً لِلْعالَمِيْنَ. اَلَّلهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أله وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْن. أمَّا بَعْد

Hadirin kaum muslimin rohimakumullah
Allah dan Rasul-Nya menegaskan bahwa salah satu rukun Iman adalah percaya kepada Takdir Allah yaitu qada dan qadar. Takdir Allah yang terkait dengan peristiwa alam, tidak bisa diotak-atik oleh manusia. Misalnya, bagaimana peredaran cakrawala, bulan yang berputar mengelilingi bumi, dan bumi mengelilingi matahari. Ketentuan rizqi, jodoh, dan maut, kita meyakini bahwa Allah SWT lah yang menentukan semua itu.

Baca Juga: Ceramah Tentang Jodoh dan Takdir dalam Islam, Dilengkapi Dalilnya

Nasib manusia ada di dalam genggaman Allah, namun Allah menghendaki hamba-hambanya untuk berjuang dan bekerja keras, dan Allah yang menentukan hasilnya. Di sinilah kita perlu memiliki sikap tawakkal kepada Allah, agar manusia tidak terjebak dalam sikap frustasi dan penyesalan manakala ia mengalami kegagalan dalam usaha dan ikhtiarnya.

Adapun pengertian Qadha menurut bahasa bermakna hukum (حُكْمٌ) artinya قَضَى-يَقْضِيْ-قَضَاءً meng hukumi. Adapun Qadar adalah Taqdir.

Sedangkan qada dan qadar menurut istilah adalah Hukum Allah SWT yang telah Dia tentukan untuk alam semesta ini dan Dia menjalankannya sesuai dengan konsekuensi hukum-Nya dari sunnah-sunnah yang Dia kaitkan antara akibat dan sebab-sebabnya semenjak Dia menghendakinya sampai selama-lamanya, maka setiap apa yang terjadi di alam ini adalah berdasarkan takdir yang mendahuluinya.

Qada merupakan ketetapan Allah SWT sejak zaman azali yaitu zaman dahulu sebelum diciptakan alam semesta sesuai dengan kehendak-Nya tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan mahluknya. Qadar yaitu Perwujudan dari qadha atau ketetapan Allah SWT dalam kadar tertentu sesuai dengan kehendak-Nya.

Halaman:

Editor: Wawan Syafus

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Teks Ceramah Singkat Tentang Amal Jariyah

Senin, 28 November 2022 | 18:11 WIB

Ceramah Tentang Muhasabahhh Akhir Tahun

Minggu, 27 November 2022 | 19:22 WIB

Ceramah Singkat Tentang Jodoh Adalah Cerminan Diri

Sabtu, 12 November 2022 | 16:20 WIB
X