• Selasa, 29 November 2022

Ceramah Tentang Walimatul Khitan yang Singkat Bagus dan Bermakna, Dilengkapi Dalilnya

- Senin, 26 September 2022 | 07:15 WIB
Ceramah Tentang Walimatul Khitan (Pixabay)
Ceramah Tentang Walimatul Khitan (Pixabay)

MuslimTerkini.com – Ulasan ini adalah contoh ceramah singkat tentang walimatul khitan ceramah ini cocok digunakan sebagai referensi bagi para da’i dan ustadz.

Khitan merupakan perintah Allah SWT sejak zaman Nabi Ibrahim AS. Hingga sampai saat ini perintah tersebut sudah menjadi budaya di tengah masyarakat Indonesia. Perintah berkhitan banyak terdapat dalam hadits nabi Muhammad SAW dan dalam Al-quran. Khitan adalah salah satu cara dalam menjaga kebersihan diri bagi seorang laki-laki.

Khitan merupakan perbuatan yang sudah dilakukan manusia sejak zaman nabi Ibrahim AS. Mereka memperhatikan kepentingan berkhitan, sehingga umat manusia tetap melakukannya sampai sekarang.

WALIMATUL KHITAN
اَلْحَمْدُ لِلهِ الْكَرِيْمِ المَنَّانِ, خَالِقِ الْإِنْسِ وَالْجَانِّ, أَنْزَلَ الْقُرْآنِ, وَعَلَّمَ اْلبَيَانِ, فَأَنْطَقَ الِّلسَانِ عَلَى خَيْرَ خَلْقِ اللهِ بِالصَّلَاةِ وَالسَّلاَم، مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِاللهِ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أفْضَلُ الصَّلَاةِ وَأَزْكَى السَّلَام.اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الَمَبْعُوْثُ رَحْمَةً لِلْعالَمِيْنَ. اَلَّلهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أله وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْن. أمَّا بَعْد

Hadirin kaum muslimin rohimakumullah
Allah dan Rasul-Nya menegaskan bahwa salah satu rukun Iman adalah percaya kepada Takdir Allah yaitu Qadha’ dan Qadar. Takdir Allah yang terkait dengan peristiwa alam, tidak bisa diotak-atik oleh manusia. Misalnya, bagaimana peredaran cakrawala, bulan yang berputar mengelilingi bumi, dan bumi mengelilingi matahari. Ketentuan rizqi, jodoh, dan maut, kita meyakini bahwa Allah SWT lah yang menentukan semua itu.

Baca Juga: Musyawarah Ulama Pesantren II: Praktik P2GP Sering Disalahpahami sebagai Perintah Khitan Perempuan

Nasib manusia ada di dalam genggaman Allah, namun Allah menghendaki hamba-hambanya untuk berjuang dan bekerja keras, dan Allah yang menentukan hasilnya. Di sinilah kita perlu memiliki sikap tawakkal kepada Allah, agar manusia tidak terjebak dalam sikap frustasi dan penyesalan manakala ia mengalami kegagalan dalam usaha dan ikhtiarnya.

Hadirin kaum Muslimin jamaah Walimatul Khitan Rohimakumullah
Dalam Islam, khitan adalah sebuah perintah syariat yang mulia sebagai penyucian diri dan bentuk ketaatan kita kepada perintah Allah. Khitan merupakan salah satu ibadah yang juga telah ditentukan dalam ajaran islam.

Perintah berkhitan diwajibkan kepada umat islam laki-laki. Menurut para ulama Syafiiyah menyatakan berkhitan hukumnya wajib baik laki-laki ataupun perempuan. Sedangkan menurut Imam Ahmad, bagi laki-laki adalah wajib, sedangkan untuk perempuan tidak wajib namun sangat baik dan mulia bila dikerjakan atau di khitan.

Khitan merupakan salah satu dari fitrah yang di syari'atkan oleh agama Islam yang bertujuan untuk menjaga kebersihan diri sebab secara bahasa ialah bentuk mashdar (kata dasar) dari khatana, yang artinya memotong, maksudnya ialah memotong kulit yang menutup bagian ujung kemaluan dengan tujuan bersih dari najis atau disebut dengan thahur yang artinya membersihkan.

Halaman:

Editor: Wawan Syafus

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Teks Ceramah Singkat Tentang Amal Jariyah

Senin, 28 November 2022 | 18:11 WIB

Ceramah Tentang Muhasabahhh Akhir Tahun

Minggu, 27 November 2022 | 19:22 WIB

Ceramah Singkat Tentang Jodoh Adalah Cerminan Diri

Sabtu, 12 November 2022 | 16:20 WIB
X