• Kamis, 29 September 2022

Ceramah Tentang Setiap Kejadian ada Kebaikan, Begini Agar dapat Hikmah

- Jumat, 23 September 2022 | 15:26 WIB
Ceramah Tentang Setiap Kejadian ada Kebaikan (Pixabay)
Ceramah Tentang Setiap Kejadian ada Kebaikan (Pixabay)

MuslimTerkini.com - Sobat Muslim, berikut ini adalah contoh ceramah singkat tentang setiap kejadian ada kebaikan ceramah ini cocok digunakan sebagai referensi bagi para da’i dan ustadz sebelum melakukan ceramah.

Setiap oramng pasti memiliki keinginan dan harapan, dan keinginan tersebut sesuai dengan kenyataan. Namun kenyataannya ada sesuatu kekuatan diliar dari kendali setiap orang yaitu Qodho dan qodar nya Allah SWT. Namun yang harus kita yakini adalah bahwa Allah siapkan Pagi yang cerah di setiap penghujung malam yang gelap dan gulita.

Maka dari itu sebagai seorang muslim yang beriman tentunya kita harus meyakini bahwa pasti ada kebaikan di setiap kejadian yang Allah tetapkan.

SETIAP KEJADIAN ADA KEBAIKAN

Baca Juga: Kultum Tentang Menyambung Tali Silaturahmi dan Penjelasan Keutamaanya

اَلْحَمْدُ لِلهِ الْكَرِيْمِ المَنَّانِ, خَالِقِ الْإِنْسِ وَالْجَانِّ, أَنْزَلَ الْقُرْآنِ, وَعَلَّمَ اْلبَيَانِ, فَأَنْطَقَ الِّلسَانِ عَلَى خَيْرَ خَلْقِ اللهِ بِالصَّلَاةِ وَالسَّلاَم، مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِاللهِ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أفْضَلُ الصَّلَاةِ وَأَزْكَى السَّلَام.اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الَمَبْعُوْثُ رَحْمَةً لِلْعالَمِيْنَ. اَلَّلهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أله وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْن. أمَّا بَعْدُ.

Hadirin Ikhwani Fillah Rohimakumullah
Pertama-tama dan yang paling utama , marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah Swt yang telah menganugerahkan nikmat iman dan Islam serta kesehatan sehingga kita dapat menghadiri ditempat yang penuh berkah ini.

Shalawat serta salam semoga tercurah ke pangkuan junjungan kita Nabi besar Muhammad Saw, beserta keluarga, para sahabat, dan orang-orang beriman hingga akhir zaman. Sosok teladan yang baik dalam berteman dan sosok figur yang membawa rahmat bagi ummat manusia.

Salah satu prinsip keyakinan seorang Muslimin adalah beriman kepada Qodho dan qadar Allah subhanahu wata’ala. Tidak dianggap beriman seorang muslim jika ia mengingkari apa yang telah Allah tetapkan baginhya. Ketika Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam ditanya tentang iman, maka beliau menjawab:
وَبِالْقَدَرِ خَيْرِهِ وَشَرِّهِ (رواه مسلم)

Hadits tersebut mengandung makna , engkau beriman bahwa segala sesuatu yang masuk ke dalam keberadaan seluruh makhluk yang Allah ciptakan, baik itu ketetpan yang baik ataupun yang buruk, semuanya terjadi atas kehendak Allah. Maka dari itu disetiap kejadian yang di alami oleh seorang hamba, sudah pasti tentu itu merupakan ketentuan dari Allah SWT. Imam Abu Hanifah Rohimahullah menegaskan dalam al-Fiqh al-Akbar:

Halaman:

Editor: Wawan Syafus

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ceramah Tentang Kebersihan yang Dianjurkan Dalam Islam

Sabtu, 24 September 2022 | 09:44 WIB

Ceramah tentang Adab Berbicara Beserta Dalilnya

Jumat, 23 September 2022 | 14:23 WIB

Ceramah Acara Syukuran yang Bermakna dan Haru

Kamis, 22 September 2022 | 21:14 WIB

Terpopuler

X