• Kamis, 29 September 2022

Ceramah tentang Adab Berbicara Beserta Dalilnya

- Jumat, 23 September 2022 | 14:23 WIB
Ceramah tentang Adab Berbicara (Pixabay)
Ceramah tentang Adab Berbicara (Pixabay)

MuslimTerkini.com - Sobat Muslim, berikut ini adalah contoh ceramah tentang Adab Berbicara ceramah ini cocok digunakan sebagai referensi bagi para da’i dan ustadz sebelum melakukan ceramah.

Berbicara merupakan nikmat tersebsar yang Allah berikan kepada manusia, Lisan menjadi salah satu panca indera manusia yang sangat berperan penting dalam keselamatannya.

Dengan normalnya fungsi lisan seseorang dalam berbicara. Maka itu menentukan keselamatan baginya. Namun jika sebaliknya maka kebinasaan yang akan menyertainya.

Dalam sebuah ungkapan dikatakan bahwa “ mulutmu harimaumu”. Jangan sampai kita melepas hewan buas yang telah kita pelihara, jika ia terlepas maka banyak orang yang akan tersakiti dengan pembicaraan kita.

Baca Juga: Kapan Lagu Kici kicir Dinyanyikan dan Birama Apa yang Digunakan, ini Jawabannya

CERAMAH TENTANG ADAB BERBICARA
اَلْحَمْدُ للهِ. اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِيْ أَعْطَىنَا اللِّسَانَ بِاَفْصَحِ الْكَلَامِ. أَشْهَدُ اَنْ لَا اِلٰهَ اِلَّا اللهُ الرَّحْمٰنُ وَأَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَنَا وَحَبِيْبَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْكِرَامُ. اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَ اَصْحَابِهِ اَجْمَعِيْنَ. اَمَّا بَعْ

Hadirin Kaum Muslimin Rohimakumullah
Bersyukur kepada Allah SWT dengan mengucapkan Alhamdulillahirobbil’alaminn. Atas limpahan rahmat dan anugerah yang teramat besar kepada kita yaitu berupa kenikamatan yang banyak, nikmat hidup, nikmat sehat dan nikmat kesempatan. Sehingga pada saat ini kita masih diberi kesempatan untuk dapat hadir di tempat yang penuh barokah ini.

Bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW dengan mungucapkan Allahumma sholli ‘ala sayyidina wamaulana Muhammad wa’ala alihii wa shohbihi wasallam.

Adab secara keseluruhan yaitu segala bentuk sikap, perilaku atau tata cara hidup yang mencerminkan nilai sopan santun, kehalusan, kebaikan, budi pekerti atau akhlak. Orang yang beradab adalah orang yang selalu menjalani hidupnya dengan aturan atau tata cara.

Berbicara adalah bentuk tindak tutur yang berupa bunyi-bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap disertai dengan gerak-gerik tubuh dan ekspesi raut muka. Berbagai definisi telah dikemukakan untuk memberikan makna tentang berbicara. Sesuai fungsinya, berbicara adalah media yang digunakan manusia untuk berkomunikasi.

Halaman:

Editor: Wawan Syafus

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ceramah Tentang Kebersihan yang Dianjurkan Dalam Islam

Sabtu, 24 September 2022 | 09:44 WIB

Ceramah tentang Adab Berbicara Beserta Dalilnya

Jumat, 23 September 2022 | 14:23 WIB

Ceramah Acara Syukuran yang Bermakna dan Haru

Kamis, 22 September 2022 | 21:14 WIB

Terpopuler

X