• Kamis, 29 September 2022

Kultum Tentang Menyambung Tali Silaturahmi dan Penjelasan Keutamaanya

- Kamis, 22 September 2022 | 09:13 WIB
Kultum Tentang Menyambung Tali Silaturahmi  (Pixabay)
Kultum Tentang Menyambung Tali Silaturahmi (Pixabay)

MuslimTerkini.com - Sobat Muslim, berikut ini adalah contoh kultum menyambung tali silaturrahmi Kultum ini cocok digunakan sebagai referensi bagi para da’i dan ustadz sebelum melakukan kultum.

Menyambung tali silaturrahmi sangatlah penting dalam kehidupan, sebagai upaya dalam menperluas rezeki dan memperpanjang umur, serta mengharapkan surga dari Allah

Jangan sampai kita memutus hubungan persaudaraan terutama sesama muslim hal itu akan membuat kemudharatan dalam kehidupan kita, maka simaklah kultum ini sebagai penambah wawasan dan pengetahuan.

Assalamu’alaikum wr wb
إِنّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنّ مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ
اَللهُمّ صَلّ وَسَلّمْ عَلى مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وِأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدّيْن.

Manusia Allah ciptakan sebagai makhluk sosial, yaitu makhluq yang tidak akan bisa hidup tanpa orang lain. Dimana tentu membutuhkan manusia lain untuk saling membantu. Tanpa adanya bantuan orang lain tersebut, kita tidak akan bisa menemukan sikap saling tolong menolong, gotong royong, toleransi, ataupun bekerjasama.

Baca Juga: Kumpulan Pantun Kapan Kita Bertemu, Aku Merindu dan Ingin Silaturahmi

Islam merupakan agama yang menganjurkan kepada ummatnya untuk senantiasa menguatkan ukhuwwah islamiyah satu sama lain. Tidak hanya pada sesama muslim, tetapi juga termasuk yang tidak sekeyakinan dengan kita. Menjalin silaturahmi adalah salah satu kunci untuk menguatkan ukhuwwah, dengan bersilaturahmi kita dapat memperkuat hubungan dengan sanak keluarga, saudara, dan juga teman. Selain itu, menjalin silaturahmi juga memiliki hikmah dan keutamaan yang luas.

Istilah silaturahim atau silaturahmi banyak sekali kita temui dalam ayat dalam Alquran dan juga beberapa hadits. Baik Alquran maupun hadits sama-sama menyuruh kita untuk senantiasa menjalin hubungan persaudaraan, baik kepada keluarga, saudara, maupun teman. Namun banyak yang tidak mengetahui perbedaan dari kedua makna kata tersebut.

Silaturahim berasal dari dua kata dalam bahasa Arab, yakni “shilah” yang berarti hubungan dan “rahim” bermakna kasih sayang. Dalam etimologi, silaturahmi dapat bermakna sebagai “merekatkan hubungan satu sama lain dengan penuh rahmat”. Bisa juga dapat dimaknai sebagai menjalin kekerabatan dengan penuh kasih sayang.

Sedangkan makna Silaturrahmi secara umum dan luas adalah menjalin hubungan kepada sesama manusi dengan penuh kasih dan sayang. Menjalin hubungan baik dengan sesama manusia merupakan salah satu tanda ketakwaan seorang hamba kepada Tuhan-Nya.

Halaman:

Editor: Wawan Syafus

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kultum Ajakan untuk Berbuat Kebaikan Beserta Dalilnya

Senin, 5 September 2022 | 14:21 WIB

Terpopuler

X