• Kamis, 29 September 2022

Khutbah Singkat tentang Masa Depan Seorang Anak, Dilengkapi dengan Dalilnya

- Kamis, 22 September 2022 | 08:02 WIB
khutbah jumat tentang masa depan seorang anak (Pixabay)
khutbah jumat tentang masa depan seorang anak (Pixabay)

MuslimTerkini.com - Sobat Muslim, berikut ini adalah Teks khutbah singkat tentang masa depan seorang anak. Khutbah ini cocok digunakan sebagai referensi bagi para khatib sebagai naskah teks khutbah dalam shalat jum’at

Shalat jum’at adalah rangkaian ibadah rutin yang setiap jum’at pasti dilaksanakan, maka sangat penting bagi khatib untuk memilih dan menetukan setiap tema khutbah yang akan disampaikan kepada jama’ah.

Tidak ada manusia didunia ini yang tidak memiliki masa depan, begitu juga dengan anak kita. Namun tidak akan pernah tercapai masa depan anak yang bahagia jika tidak dibekali dengan ilmu pengetahuan yang benar, keimanan yang kuat dan didasari dengan Akhlaq yang mulia.

Masa Depan Seorang Anak

Baca Juga: Surah As Saff Ayat 5 Arab Latin Artinya, Kisah Nabi Musa Disakiti oleh Kaumnya yang Menyembah Patung Anak Sapi

Khutbah Pertama
اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَكْرَمَ مَنْ اِتَّقَى بِمَحَبَّتِهِ وَأَوْعَدَ مَنْ خَالَفَهُ بِغَضَبِهِ وَعَذَابِهِ، أَشْهَدُ أَنْ لَا اِلَهَ اِلَّا الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، أَرْسَلَهُ بِالْهُدَى وَالدِّيْنِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهِ،
اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا وَحَبِيْبِنَا وَشَفِيْعِنَا وَقُرَّةِ أَعْيُنِنَا مُحَمَّدٍ رَسُوْلِ الله وَخَيْرِ خَلْقِهِ، وَعَلَى أَلِهِ وَصَحْبِهِ الَّذِيْنَ جَاهَدُوْا فِيْ سَبِيْلِهِ، أَمَّا بَعْدُ
فَيَا اَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ، اِتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَاتَمُوْتُنَّ اِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْن

Hadirin Kaum Muslimin Jama’ah Jum’at Rahimakumullah
Tiada kata dan kalimat yang paling indah, selain dari ungkapan rasa syukur kehadirat Allah SWT. alhamdulillahi robbil 'aalamin atas limpahan rahmat dan kasih sayang-Nya pada hari yang berbahagia ini, hari yang rmulia, penghulu segala hari yaitu hari Jum'at, kita masih diberikan oleh Allah Waktu luang yang kita gunakan untuk beribadah krpada -Nya, sehingga kita dapat memenuhi panggilan-Nya, salah satu perintah wajib yaitu shalat jum'ah berjamaah.

Melalui mimbar yang mulia ini khatib mengajak khususnya pada diri khatib sendiri, dan para jama’ah sekalian Marilah senantiasa kita tingkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT dengan sebenar benarnya taqwa. Mengerjakan dan mentaati segala perintah-Nya dengan penuh rasa ikhlas. Dan menjauhi dan meningalkan segala larangan-larangan Allah dengan penuh rasa Ridha dan sabar.

Anak merupakan amanah dari Allah yang harus kita jaga dan kita jamin kemapanannya dalam mengarungi kehidupan dunia yang begitu banyak tantangannya, baik tantangan dari segi ekonomi yang terkadang lingkunganyang tidak lagi memperdulikan halal dan haram, dari segi pergaulannya yang begitu sangat bebas bercampur laki-laki dan perempuan, serta dari serangan orang-orang liberal dan komunisme yang akan memisahkan dia dari agamanya.

Belum lagi ditambah dari makanan dan minuman yang haram. Yang semua nya itu dapat merusak masa depan anak-anak kita. Kita sebagai orang tua memiliki kewajiban untuk menjamin mereka dari rasa aman dan nyaman sehingga nantinya anak mampu untuk mengarungi bahtera tersebut tanpa harus terseret arus yang dapat menjerumuskan mereka kejalan yang penuh kebatilan.

Halaman:

Editor: Wawan Syafus

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ceramah Tentang Kebersihan yang Dianjurkan Dalam Islam

Sabtu, 24 September 2022 | 09:44 WIB

Ceramah tentang Adab Berbicara Beserta Dalilnya

Jumat, 23 September 2022 | 14:23 WIB

Ceramah Acara Syukuran yang Bermakna dan Haru

Kamis, 22 September 2022 | 21:14 WIB

Terpopuler

X