• Kamis, 29 September 2022

Ceramah Tentang Hidup Hemat Disertai dengan Tipsnya

- Rabu, 21 September 2022 | 07:10 WIB
Ceramah tentang hidup hemat (Pixabay)
Ceramah tentang hidup hemat (Pixabay)

MuslimTerkini.com - Sobat Muslim, berikut ini adalah contoh ceramah singkat tentang hidup hemat ceramah ini cocok digunakan sebagai referensi bagi para da’i dan ustadz sebelum melakukan ceramah.

Marilah kita terapkan hidup hemat dalam menjalani kehidupan ini, kita senantiasa menjadi manusia yang selalu bersyukur dengan apa yang telah kita miliki saat ini. Seseorang tidak akan pernah merasa puas jika membelanjakan uang hanya untuk memenuhi gaya hidup. Namun sebaliknya jika kita belanjakan uang kita untuk memenuhhi kebutuhan hidup walaupun sedikit akan terasa cukup.

Hidup hemat adalah perintah Allah agar kita selalu bersyukur atas apa yang diberikan , dan janganlah berlebih-lebihan dalam membelanjakan harta. Sebab berlebih-lebihan adalah perbuatan syaiton.

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Baca Juga: 5 Buatlah Poster yang Berisi Ajakan untuk Melakukan Sikap Hidup Hemat Listrik

HIDUP HEMAT

الحَمْدُ للهِ الْمَلِكِ الدَّيَّانِ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى مُحَمَّدٍ سَيِّدِ وَلَدِ عَدْنَانَ، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَتَابِعِيْهِ عَلَى مَرِّ الزَّمَانِ، وَأَشْهَدُ أَننْ لَّا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ الْمُنَـزَّهُ عَنِ الْجِسْمِيَّةِ وَالْجِهَةِ وَالزَّمَانِ وَالْمَكَانِ، وَأَشْهَدُ أأَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الَّذِيْ كَانَ خُلُقُههُ الْقُرْآنَ أَمَّا بَعْدُ،

Tiada kata dan kalimat yang paling indah, selain dari ungkapan rasa syukur kehadirat Allah SWT. alhamdulillahi robbil 'aalamin atas curahan rahmat dan kasih sayang-Nya pada hari ini kita masih diberikan kesehatan, kesempatan dan keimanan yang masih tertancap kuat di dalam hati kita masing-masing.

Sholawat dan salam tetap tercurahkan kepada keharibaan Junjungan kita Nabi Agung Nabi Muhammad saw, besrta keluarganya, sahabat-sahabatnya, dan para pengikutnya hingga Akhir zaman. Allahumma Shalli ‘Ala Sayyidina Muhammad Wa’ala Ali Sayyidina Muhammad.

Hemat adalah salah satu sikap kehati-hatian dan teliti dalam mengatur dan membelanjakan uang atau hartanya. Orang yang hemat membelanjakan uang atau hartanya hanya sesuai keperluan pokok saja, atau hanya mementingkan kebutuhan pokok yang sangat ia butuhkan, kemudian sisanya dari uang tersebut ditabung untuk simpanan dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terduga.

Halaman:

Editor: Wawan Syafus

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ceramah Tentang Kebersihan yang Dianjurkan Dalam Islam

Sabtu, 24 September 2022 | 09:44 WIB

Ceramah tentang Adab Berbicara Beserta Dalilnya

Jumat, 23 September 2022 | 14:23 WIB

Ceramah Acara Syukuran yang Bermakna dan Haru

Kamis, 22 September 2022 | 21:14 WIB

Terpopuler

X