• Kamis, 29 September 2022

Ceramah Tentang Bahaya Sifat Dengki atau Hasad, Lengkap dan Bermakna

- Rabu, 21 September 2022 | 06:10 WIB
Ceramah Tentang Bahaya Sifat Dengki atau Hasad  (assajidin)
Ceramah Tentang Bahaya Sifat Dengki atau Hasad (assajidin)

MuslimTerkini.com - Sobat Muslim, berikut ini adalah contoh ceramah singkat tentang Bahaya Dengki atau Hasad ceramah ini cocok digunakan sebagai referensi bagi para da’i dan ustadz sebelum melakukan ceramah.

Hasad sama halnya dengan dengki atau iri hati yaitu terdapat perasaan tidak senang dalam dirinya ketika orang lain mendapatkan kesenangan atau kenikmatan. Ia lebih senang ketika orang lain dalam penderitaan serta menginginkan hilangnya nikmat tersebut yang diperoleh oleh orang lain.

Sifat dengki atau hasad adalah salah satu sifat buruk yang muncul karena kurang bersyukur atas nikmat Allah SWT yang telah di berikan kepada dirinya , dan merasa orang lain mendapat nikmat lebih dari padanya.

Sebagai seorang muslim tentunya kita harus menghindari sifat dengki, karna sifat dengki dapat menghancurkan amal ibadah seseorang di akhirat nanti.

Baca Juga: Wamin Syarri Hasidin Idza Hasad Artinya, Surat Al Falaq Ayat 5 Ini Pengertian Hukum dan Contoh Hasad

BAHAYA DENGKI ATAU HASAD
اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِيْ أَمَرَناَ أَنْ نُصْلِحَ مَعِيْشَتَنَا لِنَيْلِ الرِّضَا وَالسَّعَادَةِ، وَنَقُوْمَ بِالْوَاجِبَاتِ فِيْ عِبَادَتِهِ وَتَقْوَاهُ
أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لَا نَبِيَّ بَعْدَهُ. اللهم صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ المُجَاهِدِيْنَ الطَّاهِرِيْنَ، أَمّا بَعْدُ

Pertama-tama , marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah Swt yang telah menganugerahkan nikmat iman dan Islam serta kesehatan sehingga kita dapat menghadiri ditempat yang penuh berkah ini.

Shalawat serta salam semoga tercurah ke pangkuan junjungan kita Nabi besar Muhammad Saw, beserta keluarga, para sahabat, dan orang-orang beriman hingga akhir zaman.

Dengki atau hasad dapat diartikan sebagai kebencian terhadap nikmat yang ada pada diri orang lain dan berharap agar nikmat tersebut hilang dari orang tersebut. Pengertian lain tentang hasad adalah: seseorang menginginkan hilangnya kesenangan (nikmat) yang dimiliki orang lain dan berusaha memindahkannya kepada dirinya. Nikmat yang ada pada orang lain tersebut bisa berupa kekayaan, kepintaran, kecantikan, kedudukan, kehormatan, dan kelebihan-kelebihan lainnya yang dimiliki orang lain.

Dengki adalah menginginkan nikmat yang dimiliki orang lain dan menghendaki nikmat tersebut berpindah kepada dirinya. Hasad berawal dari sikap tidak menerima atas nikmat-nikmat yang diberikan Allah SWT kepada dirinya, karena ia melihat orang lain diberi nikmat yang dianggap lebih besar dari pada nikmat dirinya. Hasad atau dengki pun bisa timbul apabila seseorang menganggap dirinya lebih berhak mendapatkan nikmat tersebut dibanding orang lain.

Halaman:

Editor: Wawan Syafus

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ceramah Tentang Kebersihan yang Dianjurkan Dalam Islam

Sabtu, 24 September 2022 | 09:44 WIB

Ceramah tentang Adab Berbicara Beserta Dalilnya

Jumat, 23 September 2022 | 14:23 WIB

Ceramah Acara Syukuran yang Bermakna dan Haru

Kamis, 22 September 2022 | 21:14 WIB

Terpopuler

X