• Kamis, 29 September 2022

Inna Sholati Wanusuki Wamahyaya Wamamati Lillahi Robbil Alamin Ini Artinya , Doa Iftitah

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 15:04 WIB
Inna Sholati Wanusuki Wamahyaya Wamamati Lillahi Robbil Alamin Artinya Ini, Doa Iftitah (muslimterkini.com)
Inna Sholati Wanusuki Wamahyaya Wamamati Lillahi Robbil Alamin Artinya Ini, Doa Iftitah (muslimterkini.com)

MuslimTerkini.com - Inna sholati wanusuki wamahyaya wamamati lillahi robbil alamin merupakan penggalan dari doa iftitah.

Inna sholati wanusuki wamahyaya wamamati lillahi robbil alamin yang merupakan penggalan dari doa iftitah dibaca pada saat rakaat pertama dalam sholat fardhu ataupun sholat sunnah diantara takbiratul ihram dan bacaan surat Al Fatihah pada rakaat pertama.

Inna sholati wanusuki wamahyaya wamamati lillahi robbil alamin artinya Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam.

Berikut ini adalah bacaan doa iftitah yang didalamnya terdapat kalimat Inna sholati wanusuki wamahyaya wamamati lillahi robbil alamin arab latin dan artinya.

اللَّهِ أَكْبَرُ وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِي فَطَرَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ حَنِيفًا مُسْلِمًا وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِينَ، إِنَّ صَلَاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ لَا شَرِيكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا أَوَّلُ الْمُسْلِمِينَ،

Allahu Akbar. Wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas samaawaati wal ardha haniifan musliman wamaa anaa minal musyrikiin. Inna shalaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi rabbil 'aalamiina. Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa ana minal muslimin.

Artinya: "Allah Maha Besar. Kuhadapkan wajah hatiku kepada Zat yang menciptakan langit dan bumi dengan mengakui kebenaran dan dalam keadaan menyerahkan diri kepada-Nya dan aku bukanlah termasuk dari golongan orang-orang yang musrik.

Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku, dan matiku semata-mata hanya untuk Allah, Tuhan seru sekalian alam, tidak ada sekutu bagi-Nya dan dengan itu aku diperintahkan untuk tidak menyekutukan-Nya dan aku dari golongan orang islam."

Hukum membaca doa iftitah adalah sunnah, yaitu sunnah yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Walaupun doa iftitah bukanlah merupakan syarat wajib dalam sholat namun membaca doa iftitah merupakan penyempurna sholat.

Halaman:

Editor: Yudi Hartono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X