• Kamis, 29 September 2022

Surah Ali Imran Ayat 190 Arab Latin Artinya, Mengenal Tanda Kebesaran Allah dari Penciptaan Langit dan Bumi

- Jumat, 29 Juli 2022 | 21:29 WIB
Surah Ali Imran Ayat 190 Arab Latin Artinya, Mengenal Tanda Kebesaran Allah dari Penciptaan Langit dan Bumi (muslimterkini.com)
Surah Ali Imran Ayat 190 Arab Latin Artinya, Mengenal Tanda Kebesaran Allah dari Penciptaan Langit dan Bumi (muslimterkini.com)

MuslimTerkini.com - Quran Surah Ali Imran ayat 190 menjelaskan tentang mengenal tanda-tanda kebesaran Allah dari penciptaan langit dan bumi serta semua fenomena yang terjadi didalamnya seperti pergantian siang dan malam.

Surah Ali Imran turun di kota Madinah sehingga surah tersebut masuk dalam golongan surah Madaniyah, berjumlah 200 ayat, nomer surah ke-3, Juz 3 (ayat 1-91) dan Juz 4 (ayat 92-200) dalam kitab suci Al Qur'an.

Surah Ali Imran artinya Keluarga Imran. Seperti Surah Al Baqarah, Surah Ali Imran dinamai juga Al-Zahrawaīn "Dua yang Cemerlang" karena kedua surah ini menyingkapkan hal-hal yang menurut Al-Qur'an disembunyikan oleh para Ahli Kitab yaitu kelahiran Nabi Isa dan kedatangan Nabi Muhammad.

Berikut ini bacaan Surah Ali Imran ayat 190 lengkap dengan tulisan arab latin dan artinya.

اِنَّ فِيْ خَلْقِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ وَاخْتِلَافِ الَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَاٰيٰتٍ لِّاُولِى الْاَلْبَابِۙ ١٩٠

inna fī khalqis-samāwāti wal-arḍi wakhtilāfil-laili wan-nahāri la`āyātil li`ulil-albāb

Artinya: "Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi serta pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berakal,"

Tafsir Surah Ali Imran ayat 190

Setelah menjelaskan keburukan-keburukan orang Yahudi dan menegaskan bahwa langit dan bumi milik Allah, pada ayat ini Allah menganjurkan untuk mengenal keagungan, kemuliaan, dan kebesaranNya.

Halaman:

Editor: Yudi Hartono

Sumber: Kemenag RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X