• Kamis, 29 September 2022

Apakah Membersihkan Kotoran Hidung 'Ngupil' Membatalkan Puasa, Ini Penjelasan Buya Yahya

- Jumat, 8 April 2022 | 15:12 WIB
Buya Yahya (Instagram @buyayahya_albahjah)
Buya Yahya (Instagram @buyayahya_albahjah)

MuslimTerkini.com - Apakah ngupil atau membersihkan kotoran di lubang hidung dapat membatalkan puasa ramadan.

Puasa Ramadan adalah kewajiban bagi seluruh umat muslim. Kewajiban tersebut terdapat dalam Surah Al Baqarah ayat 183 yang berbunyi:

Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, (QS. Al-Baqarah : 183).

Baca Juga: Doa dan Tata Cara Berbuka Puasa Ramadan yang Shahih Sesuai Anjuran Rasulullah SAW, Terapkan Rasakan Manfaatnya

Tentu saja dalam menjalankan puasa ada hal-hal yang dapat membatalkan puasa diantaranya adalah dilarang memasukkan sesuatu melalui lima lubang yaitu lubang hidung, mulut, telinga, anus dan kemaluan.

Hal yang sering dilakukan tanpa sadar saat sedang berpuasa adalah tiba-tiba membersihkan lubang hidung atau ngupil. Apakah ngupil membatalkan puasa?

Dikutip dari laman instagram @buyayahya_albahjah pada 8 April 2022 berikut ini penjelasan Buya Yahya mengenai hal tersebut.

Ngupil atau membersihkan kotoran di lubang hidung dengan memasukkan sesuatu atau jari tangan tergantung dari letak kedalamannya.

Jika membersihkanya tidak sampai pada lubang atas dekat mata atau yang menyebabkan rasa panas atau 'nyegrak' merasa risih sampai keluar air mata maka hal itu tidak membatalkan puasa.

Halaman:

Editor: Yudi Hartono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X