• Sabtu, 1 Oktober 2022

Hikmah dan Keutamaan Ramadan

- Selasa, 5 April 2022 | 11:56 WIB
Hikmah Ramadan (Ist)
Hikmah Ramadan (Ist)

MuslimTerkini.com – Hikmah dan Keutamaan Ramadan tentu perlu kita ketahui agar ibadah Ramadan semakin berkah dan efektif.

Kaum muslim yang berbahagia kita berada dibulan suci ramadhan saat untuk membersihkan diri dari semua kototan hati, angan-angan, dan menata diri lebih baik.

Banyak hikmah dan keutamaan Puasa Ramadhan dalam tulisan ini kami paparkan secara singkat dan tegas mari kitabaca dan simak mudahan-mudahan bermanfaat:

Hikmah Ramadhan
Ulama besar Saudi, Syekh Abdurrahman bin Nashir Assa'dy menjelaskannya dalam kitab Al Irsyad Ila Ma'rifatil Ahkam yang kemudian dikutip Syekh Abu Muhammad Asyraf bin Abdul Al Maqshud dalam Ensiklopedi Fatwa Ramadhan. Adapun hikmah-hikmahnya adalah sebagai berikut:

Baca Juga: 2 Cerita Kegiatan yang Dilakukan Saat Hari Raya Idul Fitri

• Mencapai ketakwaan
Hikmah paling utama dari puasa Ramadhan, adalah menjadikan para Insan yang berpuasa untuk mencapai derajat taqwa, kedudukan yang mulia dalam pandangan Allah SWT.

Ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat Al Baqarah 183:
يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ كُتِبَ عَلَيْكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

Makna ayat ini tegas bahwa puasa adalah proses manusia untuk menjadi manusia yang baik dan sempurna, dengan melatih diri dengan cara menahan hawa nafsu atau dengan kata lain mengkarantina hati, pikiran, dan jiwa serta raga dalam satu bulan untuk menghadapi 11 bulan berikutnya diharapkan dapat berimbas untuk kelanjutan hidup selanjutnya.

• Cara agung mencapai kebahagiaan dunia akhirat
Ramadhan adalah salah cara untuk mencapai kebagaian dunia dan akhirat. Puasa adalah pengisian rohani, hati, dan pikiran sehingga dalam hati dan jiwa manusia tiada Tuhan selain Allah. Hati menjadi tenang, jiwa menjadi tentram ini adalah puncak dari semua kesengan hidup didunia terlebih lagi diakhirat.

Halaman:

Editor: Wawan Syafus

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hikmah dan Keutamaan Ramadan

Selasa, 5 April 2022 | 11:56 WIB

6 Puisi Rindu Ramadan yang Sangat Menyentuh Hati

Selasa, 22 Maret 2022 | 11:00 WIB

10 Pantun Kolak Pisang yang Lucu dan Bermakna

Kamis, 17 Maret 2022 | 17:32 WIB

Terpopuler

X