• Kamis, 20 Januari 2022

Pedihnya Sakaratul Maut dan Bacaan Sholawat yang Akan Meringankannya

- Senin, 8 November 2021 | 12:51 WIB
Ilustrasi, Pedihnya Sakaratul Maut dan Bacaan Sholawat yang Akan Meringankannya (Freepik)
Ilustrasi, Pedihnya Sakaratul Maut dan Bacaan Sholawat yang Akan Meringankannya (Freepik)

MuslimTerkini.com – Setiap manusia pasti akan mengalami kematian. Sebelum itu, manusia akan mengalami sakaratul maut. Ini adalah keadaan dimana ruh perlahan berpisah dari jasad atau dalam istilah lain disebut proses kematian.

Saat mengalami sakaratul maut, sebagian manusia ada yang dihadapkan pada penderitaan, ada pula yang dihadapkan dengan kebahagiaan. Semua tergantung amal yang dilakukan selama hidupnya.

Kematian adalah kepastian yang akan terjadi pada setiap manusia. Namun yang membedakan adalah waktu dan cerita masing-masing dari kita. Hal yang membuat kematian ditakuti adalah ketika menghadapi sakaratul maut.

Baca Juga: 80 Kata Kata Jodoh dan Takdir yang Bermakna, Cocok untuk Inspirasi Bagi Pejuang Halal Sepertimu

Imam Al Gazali mengatakan bahwa rasa sakit ketika sakaratul maut seperti menghujam jiwa dan menyebar ke seluruh anggota tubuh. Sehingga orang yang sedang sakaratul maut merasakan bahwa dirinya ditarik-tarik dan dicabut dari setiap urat nadi. Urat syaraf, persendian, dan dari setiap akar rambut serta kulit kepala hingga kaki.

Pedihnya sakaratul maut menjelang kematian bukan lagi suatu hal yang asing melainkan sudah banyak yang mengetahuinya. Tidak ada yang akan mengetahui keadaan sakaratul maut seperti apa yang akan dihadapi manusia.

“Di manapun kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu berada di dalam benteng yang tinggi dan kokoh. Jika mereka memperoleh kebaikan, mereka mengatakan, “Ini dari sisi Allah,” dan jika mereka ditimpa suatu keburukan, mereka mengatakan, “Ini dari engkau (Muham-mad).” Katakanlah, “Semuanya (datang) dari sisi Allah.” Maka mengapa orang-orang itu (orang-orang munafik) hampir-hampir tidak memahami pembicaraan (sedikit pun). (QS. An-Nissa:78).

Baca Juga: 7 Hikmah Mengucapkan Kalimat Thayyibah Hauqalah dan Keistimewaannya

Betapa pedihnya sakaratul maut, dimana kabar ini juga diketahui oleh para malaikat termasuk malaikat Izrail. Akan tetapi beberapa malaikat menjanjikan kenikmatan dan kemudahan di akhirat bagi umat manusia yang sering bersholawat kepada Rasulullah SAW.

Halaman:

Editor: Nur Jamal Shaid

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Memutus Dosa Kebencian

Rabu, 19 Januari 2022 | 12:30 WIB

Terpopuler

X