• Kamis, 20 Januari 2022

Umur Dunia dan Proses Penciptaan Alam Semesta Menurut Islam

- Sabtu, 6 November 2021 | 12:25 WIB
Umur Dunia dan Proses Penciptaan Alam Semesta Menurut Islam (Pixabay)
Umur Dunia dan Proses Penciptaan Alam Semesta Menurut Islam (Pixabay)

MuslimTerkini.com – Sebagian dari kita mungkin pernah bertanya-tanya, berapa umur dunia yang sedang ditempati saat ini? Benarkah umur dunia ini sudah mencapai ribuan sampai jutaan tahun?

Selama ratusan tahun terakhir, para ilmuwan terus mencari jawaban dari pertanyaan tersebut. Mereka melakukan penelitian, mencari tahu dan memprediksi berapa umur dunia.

Dikutip dari Space, beberapa ilmuwan menyebutkan bebatuan di bumi ada yang berusia 4,03 miliar tahun. Tetapi ada juga bebatuan yang usianya sekitar 4,3 miliar tahun.

Baca Juga: Pelajar Indonesia Sabet 11 Penghargaan di Ajang International Exhibition for Young Inventors 2021

Belum ada jawaban pasti dari para ilmuwan kapan kehidupan di bumi pertama. Namun, dalam kitab berjudul ‘Permulaan Dijadikannya Langit dan Bumi’ karya Al-Allamah Syaikh Nuruddin Ali menjelaskan beberapa hal berikut.

Dunia yang kita tinggali berada di antara 10.000 penciptaan atas Nabi Adam sebagai Nabi pertama. Dikisahkan pula bahwa Nabi Musa AS bertanya kepada Allah SWT di bukit Thursina dengan beberapa pertanyaan.

Allah SWT menjawab, “Aku menjadikan Nur Muhammad yang diikuti  Durratul Baidhoo dari Nur Muhammad, dari Durratul Baidhoo aku jadikan 70.000 negeri di cakrawala atau 70.000 planet di cakrawala. Satu planet itu luasnya tujuh puluh kali bumi dengan masing-masing penghuninya 70.000 orang bukan dari bangsa Jin dan bukan dari bangsa manusia dan bukan pula bangsa malaikat. Hanya dengan satu kalimat “Kun Fayakun”. Mereka beribadah kepadaku sampai 70.000 tahun.”

Baca Juga: 28 Mahasiswa Baru Penerima Beasiswa AMCI 2021 Berangkat Maroko

Setelah penciptaan pertama, apa yang telah Allah SWT ciptakan kemudian menjadi durhaka dan Allah membinasakannya kembali. Kemudian (Dia) menciptakan lagi 80.000 planet yang besarnya sepuluh kali dari bumi. Penghuninya berbeda dari sebelumnya di mana Allah SWT menciptakan unggas yang memakan tumbuh-tumbuhan dan biji-bijian.

Halaman:

Editor: Nur Jamal Shaid

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Memutus Dosa Kebencian

Rabu, 19 Januari 2022 | 12:30 WIB

Terpopuler

X