• Sabtu, 1 Oktober 2022

Kemenag Alokasikan 8 Persen Kuota untuk Haji Khusus Tahun 2022

- Rabu, 13 April 2022 | 17:30 WIB
Ilustrasi, Kemenag tetapkan kuota untuk haji khusus tahun 2022 sebesar 8 persen (Unsplash)
Ilustrasi, Kemenag tetapkan kuota untuk haji khusus tahun 2022 sebesar 8 persen (Unsplash)

MuslimTerkini.com – Kementerian Agama masih menunggu kepastian alokasi kuota jemaah haji Indonesia pasca pengumuman Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi tentang adanya pemberangkatan jemaah dari berbagai negara.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief menegaskan bahwa berapapun kuotanya, akan ada alokasi untuk jemaah haji khusus.

“Kita masih menunggu berapa kuota haji yang akan diberikan kepada Indonesia. Kuota haji nantinya sesuai dengan UU Nomor 8 Tahun 2019 akan terdiri dari 92 persen haji reguler dan 8 persen haji khusus,” tegas Hilman dikutip dari laman resmi Kemenag, Rabu (13/4/2022).

Baca Juga: Sedekah Subuh Itu Seperti Apa ? Ini Penjelasannya

Menurut Hilman, berdasarkan data pelunasan haji khusus tahun 2020, terdapat 15.466 jemaah yang telah melakukan pelunasan Bipih Khusus.

Hilman mengingatkan bahwa jika kuota yang diberikan kepada Indonesia tidak dalam jumlah normal (100 persen), maka ada potensi banyak jemaah lunas yang belum dapat diberangkatkan.

“Ini harus segera direkonsiliasi datanya dan siapkan mitigasinya,” pesan Hilman.

Kepada jajarannya di Direktorat Bina UHK, Hilman meminta untuk melakukan sejumlah persiapan. Pertama, rekonsiliasi data jemaah haji khusus yang lunas dan siap berangkat. Kedua, mendata jemaah haji khusus di bawah usia 65 tahun yang siap berangkat.

Baca Juga: Inilah 5 Golongan yang Berhak Menerima Sedekah Subuh

Halaman:

Editor: Nur Jamal Shaid

Sumber: kemenag.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X