Arab Saudi Izinkan Jemaah Non-Umrah Lakukan Tawaf di Masjidil Haram

- Selasa, 23 November 2021 | 15:09 WIB
Arab Saudi Izinkan Jemaah Non-Umrah Lakukan Tawaf di Masjidil Haram  (Unsplash)
Arab Saudi Izinkan Jemaah Non-Umrah Lakukan Tawaf di Masjidil Haram (Unsplash)

MuslimTerkini.com – Pemerintah Arab Saudi akan mengizinkan jemaah selain jemaah umrah untuk melakukan tawaf di pelataran Kakbah. Demikian sebagaimana dikutip dari laman Saudi Gazette pada Selasa, 23 November 2021.

Aplikasi Eatmarna dan Tawakkalna dikabarkan segera menambahkan fitur baru, "Tawaf," pada akhir pekan mendatang. Fitur baru tersebut memfasilitasi janji pemesanan jemaah non-Umrah untuk melaksanakan tawaf sunnah.

Kebijakan ini sejalan dengan pengumuman Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi, yang telah memungkinkan Masjidil Haram untuk menampung jemaah dengan kapasitas penuh bulan lalu.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Karalloe di Gowa

Selain itu, aplikasi Eatmarna dan Tawakkalna juga akan menghadirkan opsi baru lainnya. Pilihan tersebut memungkinkan jamaah memesan janji untuk mencium Hajar Aswad (Al-Hajar Al-Aswad), menyentuh sudut Yaman (Al-Rukn Al-Yamaami), dan melakukan sholat di Hijr Ismail.

Adanya fitur tambahan tersebut diharapkan dapat meningkatkan pelayanan dan fasilitas terbaik bagi jemaah. Tujuannya agar jemaah dapat menjalankan ibadahnya dengan mudah dan nyaman di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Fitur-fitur baru tersebut akan diaktifkan untuk meningkatkan kinerja aplikasi yang disempurnakan terkait layanan di Dua Masjid Suci. Tentunya tetap mengikuti protokol pencegahan penyebaran virus corona (COVID-19).

Baca Juga: Sandiaga Harap 'Santripreneur Award 2021' Tak Hanya Seremonial Belaka, Tapi Diikuti Semangat dan Implementasi

Menurut Komandan Pasukan Khusus Keamanan Haji dan Umrah Mayjen Muhammad Al Bassami, lantai pertama Masjidil Haram akan didedikasikan untuk tawaf bagi jamaah non-Umrah. Kemudian fitur tawaf akan segera ditambahkan ke aplikasi Eatmarna dan Tawakkalna.

Halaman:

Editor: Nur Jamal Shaid

Sumber: Saudi Gazette

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X