• Jumat, 12 Agustus 2022

Inilah Kemudahan Mekanisme Pendaftaran Haji Reguler Tahun 2021

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 18:20 WIB
Kemudahan Mekanisme Pendaftaran Haji Reguler Tahun 2021 (Pixabay)
Kemudahan Mekanisme Pendaftaran Haji Reguler Tahun 2021 (Pixabay)

MuslimTerkini.com – Ibadah haji merupakan rukun Islam yang kelima. Semua umat Muslim yang sudah mampu secara fisik maupun finansial, wajib menunaikan ibadah haji di tanah suci.

“….Dan (di antara) kewajiban manusia terhadap Allah adalah melaksanakan ibadah haji ke Baitullah, yaitu bagi orang-orang yang mampu mengadakan perjalanan ke sana. Barangsiapa mengingkari (kewajiban) haji, maka ketahuilah bahwa Allah Mahakaya (tidak memerlukan sesuatu) dari seluruh alam.” (QS Ali-Imran ayat 97).

Selain itu, kewajiban ibadah haji juga disebutkan dalam surat al-Baqarah ayat 196. “Dan sempurnakanlah ibadah haji serta umrah karena Allah SWT.”

Baca Juga: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Jadi PTKI Pertama Terakreditasi Unggul BAN-PT, Nomor 12 Secara Nasional

Dalam memfasilitasi umat dalam beribadah haji, Kementrian Agama Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah selalu meningkatkan pelayanan agar semua umat Islam merasakan kepuasan dan kenyamanan.

Pada tanggal 30 Juli 2021, Menteri Agama Rebublik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas mengeluarkan Peraturan Menteri Agama (PMA) No. 13 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji Reguler.

Pendaftaran jemaah haji reguler dilakukan sepanjang tahun setiap hari di kantor Kementrian Agama sesuai dengan domisili jemaah haji reguler.

Sebelum mengeluarkan PMA No. 13 tahun 2021, sebelumnya Kementrian Agama sudah menerbitkan Peraturan Menteri Agama (PMA) No. 13 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji Reguler.

Baca Juga: Upacara Peringatan Hari Santri 2021, Menag: Pesantren Punya Kemampuan Hadapi Pandemi

Halaman:

Editor: Nur Jamal Shaid

Sumber: haji.kemenag.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X